Berita Terbaru Lingkungan

Jembatan Penghubung di Inhil Ambruk, Bankeu Riau Bakal Kucurkan Anggaran Sebesar Rp 4,3 Miliyar

2017-03-04_11-24-51
Jembatan Ambruk Di Desa Bente Kecamatan Mandah – Inhil /foto Net

Celahkotanews.com || Tembilahan – Peristiwa jembatan ambruk kembali terjadi. Kali ini, penimpa bangunan jembatan penghubung di Desa Bente Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir, Jum’at (3/3/2017) lalu  sekitar pukul 7.15 WIB.

Peristiwa itu terjadi akibat beberapa faktor. Diantaranya, selain kondisinya sudah sangat parah juga dikarenakan senggolan kapal pompong dari arah Tembilahan menuju Kecamatan Pelangiran.

“Sedikit cuman tersenggolnya langsung ambruk, kondisi jembatan itu memang tak bagus lagi, ini dilihat jelas beberapa tongkat sudah pada patah,” kata Camat Mandah, Umar Hamdy dilansir dari MonitorRiau.Com melalui sambungan selularnya.

Diketahui, jembatan itu berdiri diatas Sungai sebagai jalur transportasi laut antar Kecamatan bahkan Provinsi tetangga (Kepri).

Berdasarkan pantauan Camat di TKP. Tampak jalur laut itu macet, khususnya kapal Piber dari Tembilahan ke Provinsi Kepri, begitu juga sebaliknya.

“Untuk Speedboat berbahan kayu masih bisa melintas, kapal-kapal besar ini yang macet,” ujarnya.

Bahkan dijelaskan, ketika peristiwa ambruk terjadi, salah seorang siswa ada di TKP sedang melintas menggunakan sepeda motor. Siswa ini juga turut terjun ke sungai.

“Karena ambruknya pelan-pelan, jadi keselamatan siswa itu terjaga. Hanya saja dia sama kendaraannya turut jatuh,” tambahnya.

Untuk menyikapi insiden tersebut, Camat telah berkoordinasi dengan pihak perusahaan setempat meminta bantuan membersihkan serpihan jembatan menggunakan alat berat.

Selain itu, tim dinas terkait Pemkab Inhil juga telah turun menuju ke lokasi. Tim ini kata Camat, bakal mengupayakan untuk pembangunan jembatan darurat.

Dan lebih pentingnya lagi, pihaknya telah menerima bocoran Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp 4,3 Miliyar.

“Rp 4,3 Miliyar akan dikucurkan untuk pembangunan jembatan pada tahun ini juga. Dana tersebut sebenarnya sudah teranggarkan sebelum ambruk, hanya saja kita menunggu pencairannya,” paparnya.(ckn/MR)

Related posts

Relakan Istri Di Kencani Demi Jabatan

Celahkotanews

UKW Dumai  Angkatan XI PWI Riau 38 Wartawan Dinyatakan Kompeten

Celahkotanews

7 Juni Akan digelar Festival Kompang dan Rabbana

Celahkotanews

Leave a Comment