Berita Terbaru Lingkungan Uncategorized

Informasi Kabut Asap Kota Dumai

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Jumlah hotspot Sumatera di 3 Provinsi adalah Riau : 44 titik, Jambi : 499 titik, Sumsel 391 titik. Khusus Riau 198 titik dg penyebaran hotspot Rohil 57 titik, Pelalawan 28 titik, Dumai NIHIL titik, Inhil 74 titik, Bengkalis 17 titik.

Data Sebaran Kabut Asap
Sesuai data BMKG dari Citra Satelit di www.satelit.bmkg.go.id bahwa arah angin pada umumnya di Sumatera dari Tenggara-Selatam, maka perkiraan dominan kabut asap di Prov Riau adalah kiriman dari provinsi Jambi dan Sumsel. Jarak Pandang Dumai 2 Km, Pekanbaru, 700 meter, Pelelawan 400 meter. ISPU Pekanbaru, Minas & Rohil kembali ke nilai >300 kategori BERBAHAYA (WARNA HITAM). Kota Dumai sejak tgl 19 s/d 21 Sept ISPU adalah Level Tidak Sehat /Kuning nilai 148,126 & 179. Menunjukkan perkembaikan lebih baik dr 4 hr sebelumnya yg mencapai >300 PSI.

Walaupun titik api NIHIL tetapi Titik Asap msh ada di 4 lokasi, jika panas dan angin kencang berubah menjadi titik api

Tindakan Pemerintah Kota Dumai dan Tim Satgas Darat Karlahut Dumai sebagai berikut :

1. Mengkoordinasikan ke Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan membuat antisipasi dan keputusan strategis dalam penanggulangan bencana kabut asap : libur sekolah, pembagian masker, 6 puskesmas siaga 24 jam, sosialisasi dan edukasi serta kesiapan Sahabat Ambulans PSC 119 beserta tenaga Paramedis ready 24 jam. Call center PSC 119 adalah 0813-7474-3131

2. Melakukan Pemadaman dalam sampai 21 Sept hari ini, di lokasi yang masih titik asap dan titik api : Jl. Rimbun Jaya Gurun Panjang, Jl. Parit Bagan Keladi, Jl. Istiqomah Bukit Timah dan JlBunga Tanjung Dumai Selata5

3. Meminta bantuan provinsi Riau untuk melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan atau Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dan hasil sementara tgl 20 Sept pukul 17.05 terjadinya hujan di bukit kayu kapur intensitas sedang.

4. Bersama unsur Forminda, Tokoh Agama dan Masyarakat Dumai melakukan doa bersama dan sholat Istisqo.

Permasalahan Lapangan Karlahut Dumai

1. Akses jalan ke lokasi karlahut sebagian sangat sulit, akibat tanah gambut dengan kedalaman sampai mencapai 4 s/d 7 meter.

2. Ketersediaan air sumber pemadaman minim atau tidak ada, sehingga dilakukan pembuatan embung yang sampai awal tahun 2019 hingga hari ini melebihi 200 embung yang dibuat.

Himbauan kepada Masyarakat Kota Dumai

1. Laporkan jika mendapati kebakaran hutan dan lahan untuk dilakukan tindakan secepat mungkin dengan no HP Damkar BPBD Kota Dumai : 0811-7504-113

2. Ikut menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran ketika membuka/membersihkan kebun dan para pemancing tidak meninggalkan rokok atau api unggun yang masih menyala (sesuai kasus yg terjadi).

3. Hindari keluar rumah jika tidak penting atau pakailah masker, silahkan hub Dinas Kesehatan bantuan masker.

4. Khusus masyarakat yang dekat lokasi pemadaman Tim Satgas Darat Karlahut Dumai ikut membantu dan terlibat aktif sesuai kemampuan.

Sumber : H. Afrilagan
Kepala Pelaksana BPBD Kota Dumai

Related posts

Di Duga Berselingkuh Oknum PNS Rohil Ajukan Pindah Ke Dumai

Celahkotanews

Ongkos Haji 2015 Turun

Celahkotanews

Ratusan Remaja Malam Mingguan Terjaring Razia Masyarakat Peduli Lingkungan

Celahkotanews

Leave a Comment