Berita Terbaru Celoteh Pak Usu

Ibarat Lilin Hanya Mampu Menerangi  yang lain dan Membakar Diri Sendiri

logolicious_20170214_113508
Kawasan Industeri Dumai (dok.Ckn)

Celahkotanews.com II Dumai – Kota Dumai merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Riau,Kota yang tengah bersolek menuju kota makmur dan madani.Bila dilihat dikala malam hari kota ini tak ubah seperti mutiara hitam  yang berkilau mancarkan seribu cahaya germalap.

Kota Dumai juga  dikenal dengan kota seribu pelabuhan dan Industri namun sayangnya dua sebutan itu tidak banyak memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) untuk kota dengan julukan kota puteri tujuh kota dumai.

Sebagai mana yang di ketahui dua sektor besar dari industri dan pelabuhan harus bermuara kepusat terlebih dahulu,Dumai sebagai tempat pengolahan minyak CPO dan pintu masuk kawasan pelabuhan hanya dapat bagian sebagai tempat penampungan dengan tanky- tangky cpo yang menjulang tinggi dan kapal-kapal tangker pengangukt cpo sebagai hiasan di tengah laut kota dumai.

logolicious_20170214_113546
Kawasan Industeri Dumai

Beberapa waktu lalu Walikota dumai, Drs. Zulkifli As menyebutkan Dumai ibarat lilin, yang hanya menerangi yang lain, namun membakar diri sendiri. ”Orang diluar melihat Dumai ini kota yang kaya, namun kenyataannya, APBD kita paling kecil diantara kabupaten/kota yang ada di Riau,” sebut orang nomor satu di kota Dumai.

Pria yang akrab di sapa Zul As ini mengatakan banyak potensi Dumai seperti ekpor-impor CPO yang terbesar di indonesia, Dumai hanya mendapatkan dampak lingkungan saja. ”Padahal Dumai ini merupakan bagian NKRI, majunya dumai bukan hanya untuk dumai, namun juga IndonesiaJika, dumai dapat bagian saja dari ekpsor-impor CPO itu, pasti dumai akan lebih baik lagi dan pembangunan akan jauh lebih berkembang. ”Tapii inilah aturan yang dibuat, kami pemerintah daerah tentunya akan terus menyuarakan hal ini, dan menyampaikan kepada pemerintah pusat agar bisa menjadi perhatian,” Uja zul as

Disebutnya,”membangun kota dumai ini tidak bisa hanya dari pemerintah daerah saja, melainkan seluruh lapisan yang ada di kota dumai harus bersama-sama.kami pemerintah daerah perlu ada dukungan dari masyarakat, menuju  dumai makmur dan madani,” tuturnya lagi.

Dirinya mencontoh, dari sektor industri kelapa sawit saja, bisa mendatangkan PAD bagi kota Dumai. Hal itu ketika Dumai bisa mengelola bungkil sawit. ”Bungkil sawit itu bisa nanti untuk pangan sapi, bahkan dengan itu dumai bisa menjadi daerah penghasil daging sapi.(ckn)

Penulis : Khairul iwan

Editor : CKN

Related posts

Bocah 6 Tahun Tewas di Tempat

Celahkotanews

Tito Mundur! Akankah Mesin PDIP Manjur???

Celahkotanews

Kelebihan Penumpang Kapal RORO KMP Kakap Membandel Tetap Berlayar

Celahkotanews

Leave a Comment