Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Hutan Wisata Dumai Jadi Alternatif Mengisi Liburan 

logolicious_20161226_150917
Hutan wisata Dumai

Hutan Wisata Dumai Jadi Alternatif Mengisi Liburan

Celahkotanews.com || Dumai – Hutan wisata sungai dumai semakin hari semakin berkembang,kedepan hutan tersebut akan dipenuhi oleh nuansa melayu.

Hutan wisata sungai dumai merupakan hutan wisata yang mempunyai fungsi sebagai lahan yang di tanami oleh berbagai jenis tumbuh – tumbuhan yang sengaja di tanam,baik itu untuk keperluan konservasi maupun untuk penelitian,koleksi pepohonan yang dimiliki membuat hutan wisata menjadi sebuah arboretum yakni semacam hutan botani yang bermanfaat tidak hanya bagi kalangan akademis ,namun juga bagi masyarakat umum.

Hutan wisata sungai dumai hanya berjarak 5 km dari pusat kota ,yang memberikan suguhan pemandangan yang hijau dengan pepohonan yang rindang sehingga memberikan keindaha  tersendiri bagi pengunjungnya.

Selain itu juga hutan wisata sungai dumai merupakan hutan konservasi yang di miliki oleh departemen kehutan melalui kantor BKSDA  kota dumai,pada saat ini hutan wisata telah di lakukan pembenahan dan pembangunan sarana pendukung seperti taman dan fasilitas pendukung nya agar dapat menjadi salah satu objek wisata andalan kota dumai.

Ada banyak satwa yang menjadi penghuni hw sungai dumai,satwa yang paling sering terlihat disini adalah monyet dan tupai,monyet yang hidup di hutan wisata sungai dumai seperti sudah terbiasa dengan keberadaan manusia,mereka tidak akan segan untuk mendekati pengunjung yang datang.baik itu karena sifat rasa ingin tahu mereka, maupun untuk mencari sisa-sisa makanan yang ditinggalkan oleh pengunjung,bagi masyarakat umum, berkunjung ke hutan wisata sungai dumai tidak hanya akan memperoleh kesenangan dari aktifitas rekreasi.

Namun mereka juga bisa belajar banyak mengenai berbagai pepohonan yang menjadi koleksi hutan wisata sungai dumai. semakin banyak mereka mengetahui mengenai hutan diharapkan akan tumbuh rasa cinta terhadap alam,kondisi alam yang asri dan dipenuhi dengan berbagai pepohonan,membuat hutan wisata sungai dumai sebagai lokasi yang cocok untuk berbagai kegiatan luar ruang,kegiatan ini tidak harus berkemah,masih ada banyak lagi aktifitas luar ruang yang menyenangkan.

Saat ini,hutan wisata sungai dumai di pegang oleh seorang anak negeri asli melayu yang ingin mengembangkan objek wisata hutanwisata ini, pengelola yang baru satu tahun ini memegang hutan wisata inibernama syamsuri,sangat ingin merubah hutan wisata sungai dumai ini menjadi lebih abik lagi dari sebelumnya,ingin menonjolkan budaya melayu dalam kawasan hutan wisata sungai dumai ini.

“kalau bukan kita yang mengembangkan wisata dumai ini,siapa lagi.”jelas syamsuri

Meskipun telah di lakukan pengembangan dari segi fasilitas dan sarana,namun sangat di sayangkan akses jalan menuju hutan wisata sungai dumai ini masih tidak bagus,terlihat jelas jalan belum di semenisasi,dalam arti kata masih berkeadaan tanah liat sehingga saat hujan tiba,akses jalan menjadi kolam air,serta jika telah masuk dalam kawasan hutan ,masih juga ada terlihat insfrastruktur jalan yang kurang bagus.

Selain itu pula memasuki musim liburan seperti saat ini banyak masyrarakat kota dumai yang mengunjungi hutan wisata tersebut sebagai salah satu objek wisata alternatif bagi warga puteri tujuh ini.

Sebagai mana yang kitabketahui pula kota dumai saat ini memang masih minim dengan tempat – tempat wisata tak heran di musim liburan banyak warga kota yang berpergian keluar daerah.(ckn)

 

Editor : Ck

Penulis : Khairul iwan

Related posts

Diteken Jokowi, Riau Siapkan Rp 101 Miliar Lanjutkan Gedung Bedah Sentral Arifin Achmad

Celahkotanews

Kangkangi Kesepakatan, Puluhan Mobil Tangki PT.Dumai Paricipta Abadi di Hadang Masyarakat Dumai Kota

Celahkotanews

Kepulangan : Tiga Jemaah Haji Dumai Sakit,Tim Medis Embarkasi Batam Siapkan Penanganan

Celahkotanews

Leave a Comment