oleh

Harimau Sumatera Kembali Berhasil Diselamatkan

-Lingkungan-38 views

celahkotaNEWS.com || Teluk Meranti – Halo sahabat konservasi,
Kali ini ada kabar gembira datang dari belantara Sumatera, tepatnya di Desa Sangar, Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Provinsi – Riau.

Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, dengan dibantu dokter dari Yayasan Arsari Dharmasraya kembali berhasil mengevakuasi seekor Harimau Sumatera yang terjerat di hutan restorasi PT. Gemilang Cipta Nusantara(GCN) pada hari Minggu, 24 Maret 2019.

Dengan bantuan personil PT tersebut, akhirnya Tim dapat mencapai lokasi yang dituju. Upaya yang dilalui Tim cukup berat, melewati darat selama 5 jam dilanjutkan naik perahu mesin dan harus terbang dengan menggunakan heli. Belum lagi masih harus berjalan kaki menyusuri lebatnya hutan Sumatera selama 2 km. Kebayang kan kalo ternyata masih ada Harimau lain yang mengintai.

Tepat pukul 10.55 WIB, Tim berhasil membius satwa dilindungi tersebut. Harimau berjenis kelamin jantan dengan berat dioerkirakan lebih dari 90 kg segera diangkut dengan menggunakan tandu untuk dipindahkan ke perahu mesin.

Dengan tanpa kandang,kurang lebih selama 1 jam tim yang terdiri dari drh. Rini Deswita, drh. Andita Septiandini, drh. Dheni Rahmadani, drh. Simamora dan beberapa petugas membawa Harimau terbius tersebut menuju boat untuk dimasukkan ke kandang evakuasi.

Tim dengan sigap melakukan observasi kesehatan lanjutan untuk mengobati kaki satwa yang menunjukan sudah terinfeksi. Selain itu tidak lupa diberikan asupan cairan agar menghindari dehidrasi.

Saat ini harimau sumatera telah dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya Sumatera Barat.(Sumber : FB pencita hewan indonrsia)

Balai Besar KSDA Riau
#Kemenlhk
#ditjenksdae
#humasklhk
@siti.nurbayabakar
@inungwiratno
@haryobbksdariau –
#regrann
@bbksda_riau
#yayasancintasatwariau

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar