oleh

Harga TBS Tak Kunjung Membaik

PEKANBARU- Petani di Provinsi Riau masih menjerit harga sawit yang anjlok. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bahkan bakal kirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait masalah ini.

Hal itu dikabarkan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Zulfadli. Dirinya menyebut rencana itu berdasarkan hasil pertemuan Gubernur se-Sumatera di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

“Pak Gubernur segera mengirim surat kepada Pak Presiden, agar memperhatikan soal harga sawit yang belum juga membaik. Surat yang segera dikirim Gubri ke Presiden itu berdasarkan hasil rapat/pertemuan Gubernur se-Sumatra beberapa hari yang lalu,” sebut Zulfadli, Minggu (3/7/2022).

Zulfadli mengatakan Pemerintah Provinsi Riau tak pernah diam sejak anjloknya harga sawit petani di Riau. “Salah satu hal yang perjuangkan pak Gubernur saat pertemuan Gubernur se-Sumatera beberapa hari lalu adalah bagaimana agar harga sawit naik lagi. Aspirasi itu disampaikan langsung di depan Wakil Mendagri yang hadir dalam pertemuan itu,” sebutnya seperti dilansir dari situs mediacenterriau.

Lalu upaya lain untuk memperbaiki harga sawit petani yaitu mendorong kepala daerah di Riau untuk memfasilitasi petani supaya bermitra dengan perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS). “Pak Gubernur terus melakukan berbagai upaya. Termasuk mendorong semua petani sawit agar melakukan kemitraan dengan PKS. Itu disudah disampaikan pak Gubernur saat pertemuan dengan bupati/walikota beberapa waktu lalu,” sebut Zulfadli. (*)

  • Sumber : halloriau.com