Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

Hal Sederhana dan Penting untuk di Ketahui  Cara Memberikan obat Kepada Anak

images-46

Celahkotanews.com || Peneliti menemukan lebih dari 80 persen orangtua melakukan cara yang salah ketika memberikan obat bagi si kecil. Bahkan, orangtua yang sangat berhati-hati juga memiliki risiko yang sama.

Medication errors atau kesalahan dalam pemberian obat seringkali terlihat pada anak yang diberikan suplemen makan, obat-obat rumahan dan obat herbal. Berikut beberapa tips yang penting untuk Anda ketahui seputar cara memberikan obat bagi si kecil untuk meminimalisasi risiko buruk pada kesehatan anak. Seperti dilansir dari laman Todaysparent.

1. Kesalahan pemberian dosis

Selalu ikuti dosis yang direkomendasikan oleh dokter, ahli farmasi maupun yang tertulis di label. Salah satunya saat memberi obat bentuk cair yang disarankan agar pemberiannya menggunakan sendok yang telah disediakan, namun kesalahan terjadi saat menggunakan sendok di dapur yang sebenarnya tidak sesuai ukuran dan dosis yang dibutuhkan.

2. Mengulangi dosis

Biasanya, hal ini terjadi pada bayi. Di mana orangtua lupa pada jadwal pemberian obat dan malah memberikannya secara berlebihan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengatur jadwal sebelum memberikan obat. Misal dengan reminder di gadget Anda untuk pengingat kapan waktu memberikan obat kembali pada si kecil.

3. Pemberian dalam waktu berdekatan

Jangan memberikan obat dalam waktu yang berdekatan dan tetap patuhi aturan serta rekomendasi. Terlebih, Canadian Paediatric Society juga tidak merekomendasikan dua jenis obat yang sama untuk dikonsumsi dalam waktu berdekatan karena dapat memicu over dosis.

4. Pastikan Anda paham dosis yang direkomendasikan

Jalinlah komunikasi dengan tenaga medis baik dokter atau ahli farmasi agar tidak salah paham akan dosis yang direkomendasikan. Karena, dosis medis biasanya mencakup miligram pada pil, mililiter pada cairan, mikrogram pada inhaler, dan sebagainya.

5. Salah memberikan obat

Selalu baca label untuk instruksi dan masa tenggat obat tersebut. Pastikan tidak membuang label yang ada agar tidak salah akan fungsi dan masa tenggatnya.

6. Salah menaruh obat

Sekali lagi, baca aturan dan instruksi dari dokter untuk menentukan cara obat tersebut dikonsumsi. Karena ada obat yang diberikan melalui oral, ditelan, diisap, di taruh di bawah lidah, dioles di kulit, dan sebagainya.

Tips lainnya yaitu selalu simpan resep dari dokter untuk si buah hati dan pastikan Anda selalu mengingat alergi obat pada si kecil, jika ada.(ckn/viva/net)

Related posts

UMK Dumai 2016 Tak Berjalan Mulus”Ditinjau Ulang” Mati Kito…!

Celahkotanews

Realisasi Retribusi UPT.PKB Dishub Dumai Jauh Dari Target 

Celahkotanews

Polwan Cantik Asli Kota Dumai,Bripda.Destry Sitorus Yang Bertugas Di Unit Reskrim Polsek Dumai Timur

Celahkotanews

Leave a Comment