Berita Terbaru Pendidikan

Guru dan dan Dunia Pendidikan

celahkotaNEWS.com || Hakikat hidup ini ialah melakukan kebaikan, memberi kebaikan dan mendapatkan kebaikan. Adapun potensi kebaikan dalam hidup ini begitu banyak dan berserakan di sekeliling kita. Ada di rumah, di jalan, di warung, di kantor, di sekolah, di pasar, bahkan di toilet pun bisa jadi sarana kebaikan bagi kita. Sehingga, dalam hidup ini kita akan terus menuai menuai kebaikan-kebaikan tersebut.

Menghormati guru adalah satu dari kunci keberkahan hidup.Bersikap santun dan berbicara yang sopan. Sikap inilah yang akan membuat guru kita merasa senang dan bahagia. Kebahagian guru seperti ini yang dapat menghadirkan doa kebaikan bagi muridnya.

Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas pula dari peran guru, karena guru merupakan tokoh sentral di dalam proses pembelajaran. Guru yang profesional akan menghasilkan murid yang bermutu, dan murid yang bemutu akan mampu mengangkat pendidikan bermutu pula.

Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran disekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.

Keyakinan ini muncul karena manusia adalah makhluk yang lemah atau Makhluk sosial, yang dalam tumbuh kembangnya membutuhkan bantuan orang lain sejak lahir sampai meninggal.

Semua itu menunjukkan bahwa setiap orang itu saling membutuhkan,demikian halnya peserta didik juga membutuhkan kehadiran seorang guru yang bisa menemaninya dalam proses pembelajarann yang aktif dan menyenangkan dalam rangka memotifasi para peserta didik agar mampu mengembangkan minat, bakat, kemampuan dan potensi dalam diri peserta didik.

Peran guru juga sangatlah diperlukan untuk menciptakan suasana kehidupan sekolah yang harmonis melalui proses pembelajaran yang aktif, komunikatif dan menyenangkan untuk mewujudkan hal tersebut maka guru harus kreatif, propesional,dan menyenangkan dalam mendesain metode penyampaian materi yang bisa mengaktifkan para peserta didik agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal,sehingga guru harus bisa memposisikan dirinya sebagai,orang tua yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup kita, Di Indonesia sendiri, agar pendidikan ini berlangsung maka diperlukan sekali untuk memiliki suatu pondasi atau pijakan yang sangat kuat. Dalam hal ini, seorang guru dalam menjalankan perannya adalah sebagai seorang pendidik dan pembimbing bagi para peserta didiknya.

Oleh karena itu, tentunya seorang guru dituntut untuk dapat memahami tentang berbagai aspek yang terkait dengan tugasnya sehingga dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, sebab nantinya seorang guru harus dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di sekolah.(**)

Sumber : diangkat dari berbagai artikel

Foto : [email protected]

Related posts

Perkuat Silaturahmi, Tiga Perusahaan Daerah Gelar Halal Bihalal

Celahkotanews

Cek 5 Sikap Berikut,Beda Cerdas dan Bodoh

Ckn

Ribuan Botol Miras Asal Negeri Jiran Dimusnahkan

Celahkotanews

Leave a Comment