Berita Terbaru Lingkungan

Geram dengan Karlahut,Polisi Buru Pelaku Pembakar lahan di Bandara Pinang Kampai, Dumai

5mar16

Celahkotanews.com || Dumai – Jajaran Polres Dumai kini tengah memburu pelaku pembakaran lahan yang berada tidak jauh dari Bandara Pinang Kampai. Pasalnya, kebakaran lahan terparah tersebut sudah mendekati objek vital milik negara dan apipun masih cukup besar.

Kapolres Dumai AKBP Suwoyo SIK mengungkapkan dalam kasus kebakaran lahan, pihaknya akan menangani pelanggaran hukumnya. Sejauh ini tim gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman lahan terbakar yang posisinya sudah mendekati bandara.

“Saat ini tim kita sedang menyelidiki siapa yang menyebabkan lahan di dekat bandara terbakar. Tapi yang jelasnya anggota kita masih fokus melakukan pemadaman bersama tim gabungan, mengingat kebakaran terluas di dekat bandara,” katanya.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai mendeteksi 18 titik api yang tersebar di daerah ini. Hal itu sesuai data yang dirilis dari Satelit milik BMKG Pekanbaru.

“Sesuai datang yang dihimpun dari BMKG Pekanbaru terdapat 18 titik api di wilayah Kota Dumai sampai sore ini. Saat ini petugas kita dibantu TNI-Polri serta instansi terkait masih bejibaku melakukan pemadaman kebakaran lahan,” kata Tengku Izmet, Kepala BPBD Dumai.

Ketika disinggung kendala pemadaman, kata dia, peralatan minim dan kondisi angin cukup kuat serta asap tebal juga menghambat proses pemadaman yang dilakukan petugas dilapangan. Selain itu juga untuk sumber air sangat minim, sehingga petugas masih tertahan dilapangan hingga menjelang petang ini.

“Peralatan sangat minim dan angin cukup kencang sehingga proses pemadaman kebakaran lahan oleh petugas sedikit mengalami kesulitan. Tapi apapun alasannya kita bersama tim gabung masih terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan yang tersebar di wilayah Kota Dumai,” tegas Tengku Izmet, kepada awak media petang ini.

Sedangkan posisi kebakaran lahan di sekitar bandara Pinang Kampai Dumai masih belum bisa dipadamkan. Objek vital milik negara itupun saat ini ditutup untuk penerbangan sebelum proses pemadaman lahan yang terbakar selesai. Sebab, kabut asap cukup tebal menyelimuti wilayah bandara Pinang Kampai Dumai sore ini.

“Saya sudah intruksikan kepada anggota yang ada di bandara untuk bersiaga mengawasi ancaman terhadap kebakaran lahan tersebut. Sebab kebakaran lahan sendiri jaraknya tidak begitu jauh dengan bandara kita dan kami juga menutup sementara operasional bandara Pinang Kampai,” kata Kadishub Dumai Bambang Sumantri.(C1)

Related posts

PTGN Perluas Pasar Konsumen Di Dumai

Celahkotanews

Cintai Budaya Melayu, Kalau Bukan Kita Siapa Lagi

Celahkotanews

PNS Dilarang Terima Parsel

Celahkotanews

Leave a Comment