Berita Terbaru Ekonomi

Gas LPG Langka..!  Ini Kata Kadis Perindag Kota Dumai

CelahotaNEWS.com || DUMAI – Pasca terjadinya  kelangkaan tabung  LPG  3 kg ditengah masyarakat beberapa hari ini ,Pemerintah melalui Dinas Perdagangan langsung  menggelar rapat pertemuan dengan  pihak SPBE , Agen serta pangkalan diruang Pertemuan Disperindag Senin (09/10).
Rapat dipimpin   Kadisperindag Zulkarnaen didampingi Kabid Perdagangan Hermanto yang mengakui  bahwa  terjadi kelangkaan tabung gas LPG 3  kg di masyarakat  , kondisi ini disebabkan karena pengguna Gas Elpiji 3 kg  terus meningkat sementara  kuota tidak ada penambahan dari Pertamina.
Informasi yang saya terima  memang banyak masyarakat yang menggeluh karena sulit mendapatkan tabung LPG 3 kg, bahkan mereka telah berkeliling Dumai untuk mencari pangkalan yang masih tersedia tabung gas, kata Kadisperindag
Menurut dia kelangkaan tabung 3 kg disebabkan meningkatnya  jumlah pengguna  yang sekarang sudah mencapai 300.000 tapi kuota tidak bertambah atau tetap 7.820 tabung / hari.
Kemudia kelangkaan terjadi juga karena dalam satu tahun ini  memang pada bulan Oktober terjadi kelangkaan karena adanya penggurangan pasokan, informasi ini berasal dari pihak SPBE.
Masalah lainnya yakni pangkalan yang melayani penjualan tabung gas subsidi di luar kelurahannya.Lalu adanya pengecer lain yang berjualan di luar pangkalan.Hal ini jelas menjadi persoalan dalam penyaluran gas elpiji 3 kg.
Alhasil masyarakat  setempat tidak kebagian sehingga mereka berbondong-bondong mencari kepangkalan lain padahal  pangkalan setempat harusnya mementingkan masyarakat sekitar bukan  warga luar .

Selanjutny jumlah usaha mikro  diDumai juga mengalami peningkatan  luar biasa sehingga ini mempengaruhi jumlah pengguna LPG 3 kg.
Diperkirakan Zul ada sekitar 2000 usaha mikro yang terdata , rata-rata mereka  menggunakan tabung LPG 3 kg.

” Banyak usaha mikro yang menggunakan tabung LPG 3 kg , sehingga mempengaruhi faktor kelangkaan gas,”ujarnya
Kata Zul kelangkaan tidak bakal terjadi bila pengguna tabung gas LPG 3 kg ini tepat sasaran, namun kondisi riil tidak demikian, Masyarakat yang mampu bahkan pengusaha besar lebih memiliki menggunakan tabung melon itu .
Olehkarena itu untuk mengantisipasi hal ini , alhamdulillah mulai besok( red, hati ini )  Dumai mendapatkan tambahan pasokan LPG 3 kg sebanyak 560 tabung / hari dari Pertamina.Kebijakan ini diambil untuk mengatasi kelangkaan hingga ketersediaan tabung melon stabil di tengah masyarakat.
Zulkarnaen berharap situasi kelangkaan ini segera teratasi ,agar masyarakat tidak lagi khawatir dengan ketersediaan tabung gas 3 kg.Bahkan dia menghimbau agar pangkalan mendahului kebutuhan masyarakat setempat.
Sedangkan salah satu Agen mengatakan  jatah yang diterima tetap tapi penggunaan melebihi yang biasa, terutama setelah Idul Adha dan 1 Muharram sempat kosong. Sehingga kondisi ini berdampak kepada masyarakat.
Maka kedepan diharapkan adanya penambahan kuota tabung LPG 3 kg diDumai agar kondisi kelangkaan tidak menghantui masyarakat terus menerus.(Pie)

Penulis : Depie

Editor : Joeyibas

 

Related posts

Wilmar Group Dumai Siap Dan Komitmen Melawan Karhutla

Celahkotanews

Memanas! Perundingan SP3 dan F-SPTI-K-SPSI

Celahkotanews

Diduga Perampokan,Penjual Martabak Ditemukan Tak Bernyawa

Celahkotanews

Leave a Comment