Berita Terbaru Ekonomi

Ekspor CPO Berpotensi Menjadi PAD Subsektor Kepelabuhan

2016-11-04_15-07-53

Celahkotanews.com || Dumai -Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri di Dumai,mengatakan, dari kegiatan ekspor minyak sawit berpotensi sebagai sumber pendapatan dari subsektor kepelabuhan.

“Tim Pendapatan Asli Daerah melirik aktivitas ekspor minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil cpo) beserta produk turunannya, dinilai optimis berpotensi sebagai sumber baru penerimaan keuangan daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, tim masih menyusun rencana dalam melirik potensi pendapatan baru ini, dan harus dipastikan tidak terbentur dengan kewenangan pusat dan provinsi.

“Tim masih membahasnya, agar tidak berbenturan dengan kewenangan pemerintah pusat maupun provinsi,” katanya.

Dikatakan, Tim Pemburu Pendapatan Asli Daerah terdiri unsur pemerintah, masyarakat, akademisi dan swasta, dibentuk kepala daerah setempat untuk mencari potensi baru yang dapat dijadikan sumber pemasukan daerah.

“Pemerintah targetkan tim ini mencari peluang baru untuk pemasukan keuangan di sektor kepelabuhan agar bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah,” kata Bambang.

Tim ini, kata Bambang juga akan mengkaji aspek hukum potensi baru sumber pendapatan daerah yang akan dilirik tersebut, sebagai legalitas dan acuan dalam pelaksanaan penarikan dana swasta  agar tidak melanggar ketentuan yang sudah ada.

“Sejauh ini, potensi keuangan yang ada di sektor kepelabuhanan kurang tergarap maksimal oleh pemerintah dan minim kontribusi untuk pendapatan daerah,” jelasnya.

Disamping itu, tim tidak saja mencari peluang baru di pelabuhan, tapi juga bisa menangkap potensi lain di wilayah darat, misal aktivitas angkutan barang dan sumber potensial lain yang dinilai punya prospek untuk digarap bersama.

Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa pernah menyebutkan pemerintah melirik potensi kepelabuhanan untuk optimalkan penerimaan keuangan daerah dengan tim agar instansi terkait saling bersinergi dan bekerjasama.

“Diharapkan agar mampu bekerja keras dan maksimal melakukan langkah tepat dan cepat untuk menggali semua potensi pendapatan asli daerah di sektor kepelabuhanan,” kata Said.(ckn/Hms)

Related posts

Penderita Tumor Ganas,Khairul Saleh  Butuh Bantuan Pengobatan

Celahkotanews

Mesum Di Bulan ramadhan 17 Pasangan Bukan Suami Isteri Diamankan Dari Kamar Wisma

Celahkotanews

Bank Indonesia Akan Menerbikan Uang Rupiah NKRI

Celahkotanews

Leave a Comment