Berita Terbaru Ekonomi

Ekonomi dari Sektor Perikanan Masih Rendah, Riau-Norwegia Jalin Kerjasama

Ekonomi dari Sektor Perikanan Masih Rendah, Riau-Norwegia Jalin Kerjasama
Ekonomi dari Sektor Perikanan Masih Rendah, Riau-Norwegia Jalin Kerjasama.

CELAHKOTANEWS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjalin kerjasama dengan Pemerintah Norwegia untuk pengembangan dan peningkatan kualitas perikanan. Kerjasama ini diharapkan menjadi pijakan untuk menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu basis ekonomi rakyat dan pendapatan daerah.

Kunjungan Tim Ahli Kelautan dan Perikanan Kedutaan Norwegia di Jakarta, ke Kantor Gubernur Riau, Jumat (17/4/2015) menghasilkan kerjasama awal antara kedua daerah.

“Norwegia memiliki sejarah panjang dalam riset di bidang perikanan. Sekitar 25-30 persen perekonomian rakyat Norwegia didukung oleh sektor perikanan,” kata Konsulat Perdagangan Kedutaan Norwegia di Jakarta, Ole Schanke Eikum.

Namun pertemuan awal ini belum memutuskan dan membahas spesies ikan apa yang akan diriset dan dikembangkan dengan bantuan teknologi yang dimiliki Norwegia. “Belum membahas spesies, untuk selanjutnya akan dilakukan penguatan kerjasama kedua pihak,” ujarnya.

Namun dikatakannya, Riau punya potensi perikanan yang butuh dikembangkan. Teknologi riset Norwegia akan membantu pengembangan spesies-spesies ikan di Riau.

Melalui kerjasama itu, Pemerintah Norwegia berjanji akan membantu pengembangan sektor perikanan Riau menjadi salah satu basis perekonomian rakyat dan daerah. “Mungkin perekonomian dari perikanan di Riau masih di bawah 2 persen, kita akan mengejar ketertinggalan itu,” ujarnya menambahkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlu) Riau, Surya Maulana yang mendampingi rombongan Kedutaan Norwegia, menilai kerjasama ini sangat perlu dilakukan. Mengingat pengembangan sektor perikanan di Riau masih belum maksimal.

“Mereka punya teknologi riset, kenapa tidak kita manfaatkan. Potensi perikanan kita belum tergarap maksimal, kita harus memanfaatkan kesempatan ini,” tukas Surya.

Ditambahkannya, beberapa spesies ikan unggulan Riau sudah mulai punah, seperti ikan terubuk dan lainnya. Ditambah hasil tangkapan nelayan juga mulai berkurang.

“Upaya kita bagaimana ini tetap terjaga dan dikembangkan dengan baik, agar bisa menjadi salah satu tumpuan ekonomi di Riau. Program pengembangan sektor perekonomian mereka patut kita adopsi,” kata Surya.(grc/wdy)

Related posts

Walikota Dumai Bukan Musrenbang dan Penyusunan RKPD Dumai 2017

Celahkotanews

Jelang HUT RI ke-74, Penjual Bendera Musiman Mulai Ramai di DUMAI

Ckn

Pencarian Korbon Tenggelam Di JETTY 5 Kawasan Dermaga Pertamina RU II Masih Berlanjut

Celahkotanews

Leave a Comment