Berita Terbaru Lingkungan

DPRD Dumai Hentikan Proyek Pembangunan Pipa Gas Walikota Terkejut

logolicious_20170223_120344

Celahkotanews.com || Dumai – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dumai secara spontan menghentikan penggalian proyek pipa perusahaan gas Negara  (PGN) yang sedang dikerjakan. Pasalnya, DPR mengklaim pihak PGN hingga kini belum menunjukkan izin prinsip kerja. Anggota DPRD mengatasnamakan gabungan komisi I,II, dan III turun lapangan (Turlap) meninjau langsung ke jalan kelakap tujuh, kelurahan STDI , Kecamatan Dumai Barat.

Mereka bersikeras memerintahkan pihak kontraktor (pelaksanaan red) PT Tegma Engineering menghentikan pengalihan hingga pihak PGN dapat menunjukkan izin prinsip kerja.

Entah apa wewenang anggota DPRD menghentikan proyek tersebut,namun ketua komisi III Hasrizal mengatakan penggalian akan stop hingga persoalan itu dapat didudukkan terlebih dahulu. “Distop,tidak boleh ada pengalian baru”ujarnya”

Ia menggatakan sangat mendukung pembangunan itu ia membantah ketika di konfirmasi apakah hal itu menghambat pembangunan investasi daerah.”dalam hal ini kita hentikan sementara, dan kita croscek izin prinsipnya, penghentian hingga sampai tanggal 1 mendatang,” tambahnya.

Anggota Komisi III Johannes Tetelepta menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka Turlap. Sebelumnya DPRD melakukan hearing bersama pihak PGN.

Dalam hering yang berlangsung, ia mengatakan pihak PGN tidak bisa menyampaikan apa yang diminta oleh DPRD tentang izin prinsipnya.

“Izin prinsip mereka baru diurus dan belum selesai,sementara pengerjaan sudah dilakukan. Jadi, kami stop dulu lah galinya hingga dapat menunjukkan surat izin pembangunan,” tegasnya.

Hal senada turut dikatakan anggota DPRD lainya sarifah, yang mendukung pembangunan tersebut. Namun, sebagai pengawasan ia meminta dengan adanya pembangunan tersebut, apa yang telah dibangun pemerintah daerah dapat dijaga sehingga tidak menimbulkan kerusakan oleh apa yang telah di bangun sebelumnya.

Humas pelaksanaan PT Tegma Engineering cek Ujang Anwar mengatakan pihaknya hanya sebagai pelaksana teknis dilapangan,“kami hanya sisi konstruksi, dana terkait dengan perizinan itu wewenang PGN,” ungkapnya. Ia mengatakn sementara kan menunggu pekembangan dari pihak PGN. Namun terkait penghentian itu ia mengatakan akan menghambat pelaksanaaan teknis.

Walikota Dumai Zulkifli As dikonfirmasi wartawan mengatakan,proyek galian pipa gas itu merupakan proyek nasional. Izin mereka mulai dari pusat hingga kota.”mereka sudah mengajukan, syarat-syarat sudah lengkap, makannya karena ini proyek nasional kita izinkan unruk kerjakan dulu tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Dumai itu juga sampai terkejut, DPRD Dumai menghentikan proyek tersebut. “nanti saya koordinasi dulu sama ketuanya kenapa itu bisa terjadi wewenang penghentian di pemerintahan ”tutupnya.(ckn/Dp)

Related posts

Berkah Ramadhan Bagi Pedagang Musiman

Celahkotanews

Aneh Tapi Nyata Pohon Kelapa Bercabang Tiga

Celahkotanews

Selaraskan RTRW Pertahanan Darat Dengan RTRW Pemerintah Kota Dumai

Celahkotanews

Leave a Comment