Berita Terbaru Lingkungan

Dongkrak PAD,Pemko Dumai Mulai Serius Kembangkan Wisata Bahari 

2017-02-11_13-35-16
Dongkrak PAD,Pemko Dumai Mulai Serius Kembangkan Wisata Bahari 

Celahkotanews.com || Dumai – Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Dumai Riau tahun 2017 memprioritaskan pengembangan sarana dan fasilitas dua objek wisata bahari daerah ini agar tertata baik dan diminati pengunjung.

Pelaksana Tugas Kepala Disparpora Dumai Muhammad Syarif, di Dumai, Jumat mengatakan dua objek wisata bahari ini ialah Pantai Marina Indah di Kecamatan Medang Kampai dan Pantai Purnama di Kecamatan Dumai Barat.

“Dua objek wisata bahari ini akan kita tata lagi dengan menambah fasilitas dan sarana bermain agar semakin diminati pengunjung, baik dalam maupun luar daerah,” kata Syarif.

Menurut dia, pengelolaan Pantai Marina Indah melibatkan masyarakat sadar wisata setempat dan pada 2016 lalu telah menyumbang pendapatan asli daerah Rp25 juta dari retribusi masuk pengunjung.

Sedangkan Pantai Purnama sejauh ini belum bisa dijadikan objek pemasukan keuangan daerah karena masih banyak yang perlu dibenahi dengan melengkapi berbagai fasilitas dibutuhkan.

“Ada beberapa objek wisata alam yang bisa dikembangkan, tapi hanya jalan di tempat akibat kendala keuangan, jadinya kita hanya upayakan peningkatan objek wisata bahari,” sebutnya.

Sejumlah objek wisata potensial di Dumai, seperti Danau Buatan Bunga Tujuh, Hutan Wisata, Hutan Bandar Bakau, ditambah beberapa situs sejarah dan lain sebagainya.

Selain itu, potensi wisata Dumai juga masuk dalam kalender iven pariwisata Provinsi Riau, yaitu lomba memancing laut, pameran Expo festival gasing salah satu permainan tradisional.

Diketahui, Pantai Marina Indah terletak di Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai Dumai ini mulai dikembangkan sejak 2013 lalu, dengan pesona alam bahari dan dilengkapi aneka permainan air pilihan utama wisata masyarakat.

Fasilitas permainan air, seperti banana boat, flying fish, donat, mega mambo, dua unit speed boat pendukung, fasilitas gazebo, mushalla, toilet, kantin dan akses infrastruktur jalan serta lain sebagainya.(ckn/ant)

 

Related posts

A Kirjauhari, Berkicau Cabut Baterai. HP,Biar Aman…

Celahkotanews

Kesejahteraan Nelayan Terus Dikembangkan

Celahkotanews

Miliki 452 Butir Esktasi, Sore Hari Polisi Sikat Bandar Muda

Celahkotanews

Leave a Comment