Berita Terbaru Hukrim

Dishub Dumai  Rencanakan Klaim Kendaraan Hilang Di Pinggir Jalan

2017-01-25_12-25-34

Celahkotanews.com || Dumai – Dinas Perhubungan Kota Dumai akan menggandeng salah satu perusahaan asuransi untuk rencana penerapan klaim penggantian kendaraan hilang saat parkir tepi jalan umum asal memiliki karcis resmi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri menyebutkan, kerjasama dengan perusahaan asuransi ini masih dalam penjajakan dan nanti akan tertuang dalam salah satu aturan penyelenggaraan parkir tepi jalan umum dan tempat parkir khusus.

“Setiap kendaraan hilang saat parkir asal memiliki karcis resmi bisa diklaim ganti, dan rencana ini akan menjadi salah satu aturan dalam peraturan penyelenggaraan parkir jalan umum,” kata Bambang, Selasa.

Dikatakan, penataan sistem perparkiran tepi jalan umum di Kota Dumai akan diatur dalam peraturan wali kota (Perwako) dan sudah ditandatangani Wali Kota Zulkifli As, selanjutnya dilakukan telaah oleh bagian hukum sekretariat daerah.

Perwako tersebut dirancang Dinas Perhubungan Dumai untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan pelayanan publik tentang pengaturan sistem perparkiran yang lebih tertata baik dan jelas.

“Petugas juru parkir di setiap ruas jalan umum nantinya akan ditunjuk dengan dilengkapi karcis resmi dan kartu pengenal agar pelayanan pengaturan perparkiran dikelola lebih baik,” sebutnya.

Dalam perwako, diatur tarif resmi untuk kendaraan roda empat sebesar Rp2.000 dan sepeda motor Rp1.000, sedangkan target penerimaan keuangan daerah dari penyelenggaraan parkir ditetapkan sekitar Rp1,5 miliar pertahun.

Perwako yang dibuat, lanjutnya, bertujuan juga untuk prosedur dan mekanisme dalam penyelenggaraan parkir jalan umum dan tempat parkir khusus agar masyarakat mendapat pelayanan baik dari jasa parkir.

“Masyarakat harus meminta karcis parkir untuk kendaraannya, namun jika ada juru parkir tidak memberikan karcis maka berhak tidak membayar,” ucapnya.

Dinas Perhubungan Kota Dumai mengimbau juga kepada masyarakat agar meningkatkan kepedulian tentang pelayanan jasa perparkiran ini, dan berencana melakukan undian karcis parkir setiap enam bulan.(ckn/ant)

 

Related posts

Rutan Dumai Gelar Doa Bersama Untuk Indonesia

Celahkotanews

Oknum Guru Ketahuan Mesum Di Parkiran Bandara SSK II Pekanbaru

Celahkotanews

Harga Bawang Melonjak, Lanal Dumai Amankan 12 Ton Bawang Merah Ilegal

Celahkotanews

Leave a Comment