Berita Terbaru Celah Kota Politik Sosial dan Budaya

Disdukcapil Usul Anggaran Kartu Identitas Anak 1 Miliar

31348788831-kia

CELAHKOTANEWS.COM||DUMAI- Ditunjuk sebagai pilot projek dalam penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Indonesia, pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Dumai telah mengusulkan anggaran untuk program Kartu Identitias Anak (KIA) yang mulai berlaku tahun ini.

“Dananya sudah kita usulkan di APBD Perubahan Kota Dumai 2016, mudah-mudahan disetujui. Dana yang kita usulkan sekitar 1 Milyar.” Kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai Suardi, S.Sy diruang kerjanya, Rabu (3/8)
Menurut dia, dana tersebut akan digunakan untuk biaya pembelian ribbon atau tinta, sosialisasi KIA dan biaya lain-lain untuk mensukseskan program KIA. Sedangkan blanko KIA dibantu oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Hingga saat ini belum ada kepastian berapa anggaran yang disetujui karena masih akan dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Dumai. Mudah-mudahan disetujui karena anggarannya akan kita gunakan untuk pengadaan ribbon atau tinta dan lainnya.” Terang Suardi
Jika anggaran tersebut disetujui kita menargetkan 30 persen KIA dapat di cetak pada tahun ini. Data untuk pembuatan KIA berasal dari nomor induk yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) bagi anak usia 0-17 tahun dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran sekolah, pembukaan rekening bank dan lain-lain.

Terakhir, karena Kota Dumai dipercaya menjadi pilot projek pelaksanaan dan penerbitan KIA oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri RI maka KIA sudah harus diterbitkan paling lambat Oktober 2016. Sedangkan untuk Kabupaten/Kota lain baru akan diterbitkan 2017 mendatang. Tujuan pemerintah menerbitkan KIA untuk meningkatkan pendataan, perlindungan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.(Dp/Net)

Related posts

Angkut Saja Pak..! Tim Yustisi Sisir Hiburan Malam dan Kos-Kosan

Celahkotanews

Pembangunan Rokan Hilir Semakin Meningkat Dan Indah

Celahkotanews

Si Jago Merah Mengganas di jalan Sudirman Dumai

Celahkotanews

Leave a Comment