Berita Terbaru Hukrim Lingkungan

Disaksikan Plt Gubri, Polda Riau Musnahkan 46,5 Kilogram Sabu Senilai Rp180 Miliar

Upacara pemusnahan 46,5 Kilogram Sabu di halaman kantor Gubernur Riau
Upacara pemusnahan 46,5 Kilogram Sabu di halaman kantor Gubernur Riau.

CELAHKOTANEWS.COM, PEKANBARU – Berlokasi di halaman upacara kantor Gubernur Riau, Kepolisian Daerah (Polda) Riau melakukan pemusnahan terhadap barang bukti sabu-sabu yang sebelumnya berhasil diamankan dari seorang kurir warga negara asing (WNA) asal Malaysia berinisial NHK. Sabu yang dimusnahkan sekitar 46,5 Kilogram atau setara dengan Rp180 miliar.

Pemusnahan ini disaksikan langsung oleh pegawai pemerintahan provinsi Riau, Ketua DPRD Riau, Danlanud, Danlanal, Danrem 031 Wirabima, jajaran kepolisian daerah, BNNP, serta instansi terkait lainnya, Senin (20/4/2015) pagi sekitar pukul 07.50 Wib. Sabu ini dimusnahkan dengan cara dilarutkan bersama air yang sudah disediakan didalam empat buah drum besar.

Setidaknya ada 93 bungkus plastik besar sabu yang dimusnahkan, dengan berat perbungkusnya sekitar setengah kilogram. Barang haram Ini milik tersangka berinisial NHK asal negeri Jiran Malaysia yang sebelumnya diciduk pada Kamis (2/4/2015) lalu, di sebuah hotel di kawasan Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru.

Saat diamankan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau waktu itu, polisi turut mengamankan dua orang wanita. Namun setelah dilakukan investigasi, dua wanita ini akhirnya dibebaskan lantaran tidak tahu sama sekali jika NHK adalah seorang kurir narkoba kelas kakap.

Sabu ini, disembunyikan NHK didalam dua buah koper warna hitam. Dari Malaysia tersangka masuk ke Indonesia melalui jalur perairan dengan menggunakan kapal menuju kota Dumai. Disini tersangka sempat menginap satu malam, sebelum akhirnya bertolak ke Pekanbaru dengan menggunakan angkutan travel umum.

Kepada penyidik, NHK mengaku bahwa sabu tersebut rencananya akan dibawa menuju Palembang dan diserahkan kepada seorang pemesan yang tidak dikenal tersangka. Untuk menelusuri kasus ini, Polda Riau sudah berkoordinasi dengan Interpol, mengingat tersangka adalah WNA asal Malaysia.

Selain pemusnahan sabu ini, Polda Riau dan pemerintah provinsi juga melakukan penandatanganan deklarasi gerakan rehabilitasi 100 ribu pecandu narkoba dan gerakan anti narkoba, yang ditandai dengan pelepasan ratusan balon, yang dipimpin langsung Plt Gubernur Arsyadjuliandi Rahman, serta dihadiri pula oleh Wakapolda Riau, Kombes Pol Abdul Gofur dan jajaran terkait lainnya.(grc/wdy)

Related posts

Jumlah Pencari Kerja Di Riau Terus Meningkat

Celahkotanews

Sabu Senilai Rp 6,7 Milyar Diamankan Tim Satgas Patkor Kastima XXIA BC 9002

Celahkotanews

Peluang Kerja Kecil Tingkat Penganguran Bertambah

Celahkotanews

Leave a Comment