Berita Terbaru Celah Kota Sosial dan Budaya

Diperlukan, Bukti Sejarah Perjuangan Riau

21-Gubri-okkkkk
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman berbincang dengan para Veteran RI usai menyerahkan bantuan dan ramah tamah dengan Perintis Kemerdekaan, Veteran, Purnawirawan, Wredatama, Warakawuri dan Angkatan 45 di Gedung Daerah, Senin (15/8/2016).

CELAHKOTANEWS.COM||PEKANBARU – Masih banyaknya generasi muda di Riau yang tidak mengenal sejarah perjuangan rakyat Riau dalam melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan banyak disayangkan beberapa kalangan. Hal itu disinyalir karena masih minimnya bukti-bukti sejarah di Riau dan juga belum adanya rujukan tentang sejarah perjuangan.

Sekretaris Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Kejuangan 45 Riau Rustam Effendi mengatakan, di Provinsi Riau sangat dibutuhkan bukti secara fisik bahwa Riau pernah ikut berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Karena jika tidak dibuat secara fisik, dan hanya mengandalkan secara cerita saja akan hilang jika pelaku sejarah sudah tidak ada.

‘’Pemerintah harus mempunyai program untuk melestarikan semangat juang 45, salah satunya dengan membuat tugu perjuangan. Karena dengan tugu itu akan sangat banyak manfaatnya selain fungsi sejarah, bisa juga untuk fungsi wisata dan penelitian tentang bagaimana Riau dahulunya,” katanya.

Dicontohkan Rustam, dibeberapa daerah lain seperti DI Jogjakarta sudah menerapkan hal itu. Dimana ketika ada masyarakat yang berkunjung kesana, suasana kental perjuangan para pejuang akan terlihat dengan adanya monumen perjuangan yang dijaga dan dikemas sedemikian rupa.

‘’Generasi kita saat ini amat sangat haus dengan informasi perjuangan seperti itu. Selain monumen perjuangan, kami juga mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat komik perjuangan sehingga lebih menarik dibaca anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman mengatakan, jika memang ada orang-orang atau saksi sejarah yang mau mengusulkan pembangunan monumen perjuangan pihaknya siap mendukung. Karena menurutnya hal itu penting.(rp/net)

Related posts

Tiba di Puncak Becici,Obama diteriaki I LOVE YOU

Celahkotanews

Aksi Bersih Pantai dan Penanaman 1000 Bibit Mangrove,selamatkan pesisir dari kepunahan

Celahkotanews

Lakalantas IRT Tewas Mengenaskan,Supir Truck Kabur

Celahkotanews

Leave a Comment