Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Dinsos Dumai Berharap  Ada wadah Organisasi Untuk Penyandang Disabilitas

2016-12-09_11-10-18
Foto hanya ilustrasi /@internet

Celahkotanews.com || Dumai – Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan berharap peringatan Hari Disabilitas Internasional 2016 agar jadi momen peningkatan peran penyandang disabilitas diawali dengan pembentukan organisasi.

“Kalau bisa berhimpun dalam organisasi lebih baik agar warga disabilitas ini dapat berperan dan mendorong terwujudnya kemandirian dan partisipasi sebagai warga yang berkebutuhan khusus,” kata Chairuddin, di Dumai, Kamis.

Kaum disabilitas di Dumai menurutnya, harus berhimpun dalam satu wadah agar bisa bersama mendorong kemandirian, pembinaan dan menciptakan fasilitas publik pendukung penyandang berkebutuhan khusus ini.

Dijelaskan, dibentuk organisasi juga agar saling mendukung dalam berbagai kegiatan, pembinaan kemampuan dan keterampilan, serta memudahkan penyampaian aspirasi ke pemerintah.

Bantuan bagi penyandang disabilitas ini selain tersedia di anggaran daerah, juga bisa didapat dari pendanaan pemerintah provinsi untuk mendukung program bersama dan peningkatan fasilitas publik sesuai kebutuhan.

“Kita bangga peringatan hari disabilitas internasional 3 desember diadakan meski sederhana dan kedepan kita harapkan penyandang berkebutuhan khusus ini dapat aktif dan mandiri di tengah masyarakat umum,” harapnya.

Sementara, Ketua Panitia Hari Disabilitas Internasional di Kota Dumai, Taufik Zuhri mengatakan, peringatan HDI pertama kali diadakan di satu warung kopi karena keterbatasan kemampuan dan minim perhatian pemerintah.

Disebutkan, dalam peringatan HDI 2016 ini, juga direncanakan membentuk organisasi untuk perjuangan hak seluruh penyandang berkebutuhan khusus tersebut, sekaligus agenda silaturahmi.

“Kita akan bentuk organisasi untuk memperjuangkan hak seluruh penyandang disabilitas, dan kedepan berharap diberi kemudahan dan ada perhatian dari pemerintah dan masyarakat,” kata Taufik kepada pers.

Peringatan HDI di Dumai berlangsung sederhana di salah satu warung kopi di Jalan Sudirman dengan berbagai kegiatan, misalnya penampilan musik, pembacaan ayat suci Alquran, puisi dan senam serta yang lainnya oleh penyandang disabilitas.(ckn/ant)

 

Related posts

Dari Limbah Paralon,Siswa SMA YKPP diDaulat Wakili Riau Ke FLS2N Tingkat Nasional

Celahkotanews

Manipulasi CPO Rp600 Juta, Dua Supir dan Penadah Ditangkap Polres Dumai

Celahkotanews

Dituntut 12 Tahun Penjara, Terdakwa Korupsi BNI 46 Pekanbaru Akhirnya Divonis Bebas

Celahkotanews

Leave a Comment