oleh

Di Duga Melalui Jalur Tidak Resmi 140 Orang TKI Di Tangkap Tim Patroli Bea Cukai Dumai 

2017-01-21_12-50-37
Di Duga Melalui Jalur Tidak Resmi 140 Orang TKI Di Tangkap Tim Patroli Bea Cukai Dumai 

 

Celahkotanews.com || Dumai – Sebanyak 140 orang TKI asal Malaysia yang akan kembali ke Indonesia yang diduga melalui jalur tidak resmi dengan menggunakan Kapal Motor GT 7 ditangkap oleh Tim Patroli Bea Cukai Kanwil Khusus Kepri Tanjung Balai Karimun, pada Jum’at (20/1/2017) sekira pukul 05.00 Wib di perairan Pulau Jemur Kabupaten Rohil.

Setelah tujuh jam berlayar menggunakan kapal kayu dengan muatan melebihi kapasitas ini, akhirnya tim patroli berhasil menyandarkan kapal di Dermaga A Pelabuhan Pelindo I Dumai pada Sabtu malam.

Dibantu oleh petugas Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Dumai, sebanyak 140 orang TKI tersebut diberikan makan malam sebelum dilakukan pendataan dan pemeriksaan oleh tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Dumai.

Kapal Motor Bahtera yang mengangkut 140 TKI dimana terdapat 30 orang perempuan, 2 orang anak kecil dan 108 laki-laki, beserta 6 orang ABK ini berangkat dari Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Asahan, selanjutnya diamankan oleh kapal patroli 20002 milik Tim Patroli Bea Cukai Kanwil Khusus Kepri Tanjung Balai Karimun di perairan Pulau Jemur Kabupaten Rohil.

Kasi Penindakan Keimigrasian, Cahargita Probo Yuantoro mengatakan bahwa saat ini pihak nya sedang melakukan pendataan, “Selain itu kita juga dibantu oleh pihak Sabhara Polres Dumai dalam membantu proses pemesanan tiket pemulangan seluruh TKI,” Paparnya.

Sementara itu untuk biaya pemulangan sebanyak 140 TKI ke kampung halaman masing-masing, beliau menjelaskan bahwa seluruh nya menggunakan biaya pribadi.

Selain itu untuk keenam ABK Kapal Bahtera yang mengangkut seluruh TKI yakni M Yusuf (48) selaku nahkoda, Edi (47), Ryan (26), Budi Pohan (26), Azhar (25), Fadli (24) akan diserahkan ke kantor Imigrasi wilayah Kabupaten Rohil, “Hal ini dikarenakan penangkapan yang dilakukan berada di perairan Pulau Jemur, yang mana merupakan masuk wilayah Rohil,” Ujarnya. (Ckn/vie)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.