Berita Terbaru Lingkungan

Debu Green Coke Pertamina RU II Bertabur di laut Dumai

celahkotaNEWS.com (CKN) || DUMAI – Dugaan pencemaran dilaut kembali terjadi oleh Pertamina RU II Dumai, subuh tadi, Senin (20/01/2020). Tumpukan berwarna hitam terlihat mencemari laut Kota Dumai.

Pencemaran green coke pertamina yang berulang-ulang terjadi dinilai memberikan dampak buruk bagi pencemaran dan biota laut.

“Tadi pagi Abu Coke Pertamina RU II Dumai cemari laut, berserak banyak disekitar dermaga,”ungkap Y, Senin (10/40/2020) warga Dumai Timur yang enggan namanya disebutkan.

Ia mengatakan, peristiwa pencemaran debu coke ke laut itu tertangkap pada saat patroli.

Belum diketahui apakah debu coke sengaja dibuang atau tidak disengaja. Belum ada investigasi mendalam yang menyelidiki masalah dugaan pencemaran ini.

Pjs Unit Manager Komunikasi Relationship dan CSR Pertamina RU II Dumai Didi Andrian Indra Kusuma dikonfirmasi mengatakan masih mengecek ke tim terkait.

“Saya cek dulu ke tim terkait, kami upayakan untuk meredam sebaran green coke tersebut. Seperti yang kami laporkan kepada LH dan DPRD saat ini pemantauan dan perbaikan sedang kami laksanakan,” Katanya.

Didi menyampaikan masalah green coke perlu dipahami karena ada kendala lain di luar kendala operasional seperti angin. Namun warga juga meminta agar pertamina harus memahami dampak green coke yang terus menjadi masalah terus menerus. Sehingga tidak hanya pertamina yang harus dipahami tetapi pertamina wajib memahami masalah sosial itu.

Didi kembali menyebutkan, Berdasarkan PP 101 bahwa Green Coke tidak masuk dalam kategori limbah B3.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Partai Gerindra Dumai, Johanes Tetelepta menegaskan kondisi existing pencemaran yang diduga green coke milik pertamina harus segera diselesaikan secara regulasi dan justifikasi sehingga harus berujung pada tindakan dan ketegasan.

Hingga berita ini dimuat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dumai Satria Wibowo belum berhasil di konfirmasi melalui selulernya tidak tersambung.(ckn)

Related posts

Bersempena Hari Kartini 2017 BPJS Kesehatan Dumai Lakukan Pemeriksaan IVA Dan PAP Smear

Celahkotanews

Kegiatan Fasilitas Komunikasi Parpol Minim Peserta

Celahkotanews

GNPK RI Hadir diKota Medan Berikan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Korupsi

Celahkotanews

Leave a Comment