Berita Terbaru Ekonomi

Daya Beli Turun , Dumai Alami Deflasi 0.21 Persen

2017-06-01_15-25-28
Gambar hanya ilustrasi

Celahkotanews.com || DUMAI- Kota  Dumai  mengalami Deflasi pada tahun 2017 ini. Perhitungan hingga April deflasi berada dipersentase 0.21 Persen.Informasi itu disampaikan  Kadis Perdagangan Zulkarnaen.

Ini terjadi karena  daya beli masyarakat  menurun sementara barang yang dibutuhkan tersedia. ” Penurunan beberapa harga komoditi terjadi seiring dengan melimpahnya pasokan karena panen,” ungkap Zul

Deflasi lebih lanjut tertahan oleh kenaikan harga bawang putih lalu  turunnya harga sebagian besar kelompok volatile food menjadi faktor pendorong deflasi. Contohnya  Harga cabai merah, bawang merah dan cabai rawit masing-masing mengalami penurunan serta komoditi lainnya.

Menurut dia,  melambatnya inflasi terutama disumbang deflasi tarif listrik yang naik, harga bensin, rokok  dan lainnya.

“Deflasi yang dalam pada kelompok bahan makanan menahan dampak inflasi akibat pencabutan subsidi listrik pelanggan 900 VA pada pelanggan pasca-bayar.” Jelasnya

Sementara kondisi  pasokan yang terus meningkat dan distribusi yang lancar menyebabkan tren penurunan harga berlanjut.

Langkah yang musti dilakukan pemerintah  menjaga kesinambungan dan manajemen stok pangan  yang baik, dan ekspektasi bahwa pemerintah mampu menjaga kestabilan harga merupakan faktor-faktor pendukung terkendalinya harga diPasar.(pie)

Penulis : Pie

Editor : CKN

Related posts

Perangi Sampah Masyarakat Meranti Laut GORO Bersama

Celahkotanews

Kesederhanaan Membawamu Hidup Bahagia

Celahkotanews

Hari Pertama Masuk Sekolah”Peranan Orang Tua”Sangat Mendukung

Celahkotanews

Leave a Comment