Berita Terbaru Lingkungan

Cuaca Ekstrem,Waspada Kebakaran Lahan dan Rumah 

CelahotaNEWS.com || Dumai – Dalam lima hari terkahir ini kota Dumai diselimuti cuaca cukup  Panas yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan oleh sebab itu Pemerintah Daerah melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) menghimbau masyarakat untuk wasapda.Karena kondisi suhu panas seperti titik api bisa muncul dimana saja, seluruh masyarakat agar berhati-hati untuk tidak membakar atau membuang puntung rokok sembarangan.
Kepala BPBD Tengku Izmet mengatakan  cuaca saat ini sangat rentan sekali kebakaran apakah itu lahan , hutan bahkan rumah.Masyarakat diajak untuk waspada , tidak membakar lahan sembarangan jangan manfaatkan cuaca seperti ini untuk membuka lahan sebab berbahaya.
Menurut dia  dampak yang ditimbulkan dari peristiwa Kebakaran Hutan atau Lahan (Karhutla) selama ini sangat merugikan. Berbagai sektor dalam kehidupan terpukul karena persoalan karhutla ini. Apalagi Dumai termasuk rawan , banyak daerah gambut.
Efek lainnya ,Lingkungan  hidup menjadi rusak, habitat dan keseimbangan ekosistem mengalami perubahan secara drastis. Terlebih lagi bagi manusia, seluruh aktifitas yang dilakukan menjadi terganggu seperti halnya dalam bidang pendidikan, pelayanan bidang kesehatan, sosio ekonomi, kebudayaan, dan berbagai permasalahan lainnya.

“maka itu saya mengingatkan kembali kepada  seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan didaerah yang kita cintai ini,” ajak Izmet

Apalagi  waktu musim kemarau mengakibatkan lahan cepat kering sehingga mudah sekali terbakar .Walaupun hanya kecil tapi bila tidak ditanggulangi dengan cepat dapat beresiko dengan mengakibatkan meluasnya kebakaran secara lebih besar lagi.
Selanjutnya Izmet mengingatkan juga agar ibu rumah tangga berhati hati saat meninggalkan rumah , lihat kondisi kompor termasuk arus listrik.(pie)

Penulis : Depie

Editor : Joeyibas

Related posts

Dukung Program Pemerintah Wilmar Dumai Lakukan Tes Urine Karyawan

Celahkotanews

Fenomena Pilkada Serentak Banyak Mesin Partai Tidak Berjalan,Dukung Paslon Lain

Celahkotanews

Nafsu Memuncak,Isteri Tolak Ajakan suami bercinta di hadiah tampar dan jambak

Celahkotanews

Leave a Comment