Berita Terbaru Hukrim

Cegah Pendatang,Tanpa Tanpa Identitas Satpol PP Gelar Operasi Yustisi

CelahkotaNEWS.com || Dumai -Dalam meningkatkan pengawasan untuk mencegah adanya pendatang liar atau warga tanpa identitas kependudukan di Kota Dumai. Pihak Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai akan segera menggelar operasi Yustisi.

Pihaknya memprediksi telah terjadi arus urbanisasi atau kedatangan penduduk dari luar Kota Dumai.

Kepala Satpol PP Dumai, Bambang Wardoyo tidak cuma menggelar operasi ini di pusat keramaian dan titik jalan protokol.Tim bakal menyasar titik rawan pendatang liar di sejumlah rumah kos.

“Kami bakal gelar operasi ini dalam waktu dekat. Jadi kami akan periksa juga rumah kos yang mencurigakan,” kata Bambang Wardoyo, Selasa (14/08/2018).

Menurut Bambang, operasi ini digelar dengan fokus penindakan warga tanpa kartu identitas. Satu sasaran yakni mereka yang sudah lama berdomisili di Kota Dumai. Pemeriksaan juga terhadap pendatang yang baru saja pindah ke Kota Pelabuhan ini.

Tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dumai, Dinas Sosial Dumai serta unsur TNI dan Polri di Dumai bakal ikut dalam operasi ini. Operasi tersebut juga mencegah datangnya pelarian pelaku kejahatan. Tim juga mencegah datangnya gelandangan dan pengemis atau gepeng.

Bambang menilai para pendatang mesti melapor lebih dulu kepada RT setempat. Mereka mesti mengantongi e KTP asal sebagai identitas diri. KTP elektronik sangat penting bagi keperluan administrasi.

Mereka yang tidak membawa KTP akan dikenakan sanksi. Mereka yang tidak memiliki KTP sama sekali juga kena sanksi sesuai Peraturan Daerah No.6 tahun 2007 tentang penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, sanksi yang diberikan berupa denda.(net)

 

Related posts

Lecehkan Profesi Wartawan, Puluhan Jurnalis Senior Datangi Kantor Gubri

Celahkotanews

Gerakan Sayang Ibu

Celahkotanews

Mayat Membusuk Di Lokasi Cucian Mobil

Celahkotanews

Leave a Comment