Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan

Burung Kicau, Penakaran Burung Murai Dumai

Burung

CELAHKOTANEWS.COM||DUMAI – Hai sobat ternak, sobat kicau dan murai, tiba waktunya Setelah beberapa hari kesibukan yang tak kenal usai, kami putuskan untuk penyegaran pikiran, Seperti yang anda semua telah ketahui, murai batu merupakan burung yang sangat ramai dipelihara oleh para penggemar burung disamping burung kenari. Terutama yang namanya murai Hobbynya Berkiauuuu. Ya,Burung murai batu adalah jenis murai yang sangat digemari karena postur dan ekornya yang panjang menjuntai. Terbayang pula harganya yang relatif tinggi dan stabil di pasaran membuat burung murai dianggap sebagai maestro.

Nahhh kali saya mengajak anda menuju kesalah satu penakaran ternak Burung Murai Batu dan di samping Penakaran Burung-burung Kicau lainnya di kota dumai ini. Mungkin bagi kita pengemar burung banyak yang belum mengetahui jika di kota Dumai melalui tangan dingin salah seorang penggemar burung ini berhasil membudi daya burung murai batu dan jenis burung kicau lainya, selain kita di temani dengan sentuhan tanam pohon jambu madu dari jauh sudah terdengar kicauan burung yang saling bersatuan, halus mulus dan mungil kicawan burung love bird dan murai batu mulai telihat.

Penekaran burung murai batu Dumai baru bird pa mini di tangan hadiyo sukses Membudi dayakanya saat ini masa bertelur dan berak sedang terjadi, dengan hati yang berbunga hadioyo saat menati rupiah sudah di depan mata,,,, buurung murai baru dengan kicauan yang merdu seolah sudah menyambut kedatangan kami, liuk lingkuk bakalan artis edang konser tak spatan kata pun terhenti mengiringi kami menyusuri kandangnya.

Bahkan tak palak membuat hadiyono sang pemilik kelimpungan untuk memenuhi permintaan pasar terhadap ternaknya saat ini.

Berawal kesenangannya terhadap burung Murai Batu, hadiyono kini menjadi salah satu peternak burung Murai Batu sukses di kota Dumai. Saat ditemui diPerternakannya di kawasan perumahan Dumai baru bukit timah kota Dumai hadiyono menturkan.

”Dulu awalnya saya hanya punya dua pasang Murai Batu, Dari situ saya terus belajar mengembangkan serta mengawinkanya dan kini sudah mulai bertelur dan beranak bahkan saat ini saya sudah memiliki 36 pasang Murai Batu,Kacir 11 pasang,lovebird 20 pasang,serta saat ini juga saya sedang melakukan pengembangan terhadap burung jalak bali,dan jenis burung lainya” jelas hadiyono.

Ada satu teori penjodohan murai batu yang kerap dilakukannya, yaitu mengetahui mana induk murai jantan dan murai betina yang sudah siap dijodohkan.Yakni antara satu sangkar Murai jantan dan tiga sangkar masing-masing berisi murai betina didekatkan satu sama lain.Dari situ, akan terlihat mana induk murai betina yang disukai oleh murai jantan yang sudah birai.Setelah kita lihat keduanya siap, baru kita masukkan ke dalam kandang besar untuk perkawinan,” tuturnya. Tutur hadiyono,

Sementara itu untuk permintaan Murai miliknya, ternyata tidak sebatas penghobi burung dari kota dumai saja bahkan Dari kota lain seperti Pekanbaru dan sekitarnya sudah mulai berdatangan.namun sejauh ini juga bnayak para orang –orang kapal mulai berdatangan untuk mebeli burung hasuil penakaran hadiyo tersebut.

Sejauh ini juga untuk perawatan sediri hadiyono membuat kandangnya burung murani baru tak ubah seperti dialam bebasa sesuai dengan kehendak burung murai batu itu sendiri,

Murai Batu mempunyai sejarah panjang di belantika perkicauan Tanah Air. Sehingga banyak mitos yang berkembang di kalangan hobbies penggemar burung berkicau, khususnya Murai Batu. Mitos ini berkembang berdasarkan penuturan dari mulut ke mulut dan juga berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadi yang didapat oleh banyak pihak, diantaranya dari hobbies, pelomba dan juga pemikat.

Diyakini memiliki kemampuan vocal yang lebih dibandingkan MB yang berasal dari wilayah pedalaman atau hutan. Habitat pesisir yang relatif bising degan deburan ombak dan tiupan angin laut, menyebabkan Murai batu beradaptasi dengan cara meningkatkan kemampuan vokalnya.

Murai batu dengan warna bulu dada kekuningan dan warna hitamnya terkesan berwarna supak atau pudar. Diyakini bermental baja dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Murai batu seperti ini sangat mudah dan cepat berkicau, jika berasal dari tangkapan hutan.

Namun di penakaran budiya perternakan Murai batu ini tak ubah seperi di hutan Perwan. Apakah anda mau menyusl jejak hadiyono sebagai peternak murai batu… dan burungf kicau lainya .? Wahhh itu tentunya jawaban nya ada di dalam hati kita masing-masing, Sapai jumpa…

Penulis: Khairul Iwan

Related posts

Hadapi Bahasa Indonesia, 2.048 Siswa SMK  UNBK  

Celahkotanews

Kejurwil Se-sumatra, Kempo Dumai Sabet 3 Medali Emas

Celahkotanews

Lagi-lagi Minyak Tumpah Kelaut

Celahkotanews

Leave a Comment