oleh

BUMD PT.Pembangunan Dumai Belum Garap secara Maksimal Pontensi PAD

logolicious_20170223_121111

Celahkotanews.com II Dumai – Dengan berdiri kokohnya badan usaha milik pemerintah kota dumai yaitu BUMD PT.Pembanguan dumai  belum memeberikan kontribusi berarti bagi kota puteri tujuh ini.

Mendapat suntukikan dana pernyataan modal sebesar Rp 28 miliar guna pembanguan bachingplant di  namun ternyata BUMD ini juga harus terpaksa meminjam kesalah satu BANK yang ada di kota dumai ini untuk menjalankan bisnis tersebut,selain dana Rp 28 milar tersebut dengan rincian Rp 22 milar untuk pembangunan bachingplant di kecamatan dumai selatan serta sisasa pernyataan modal sebesar Rp 6 miliar di pergunakan untuk modal usaha tenyata sisa tersebut juga membbuat BUMD tersebut terseok-seok dalam menjalankan usaha tersebut.

Berdiri menjulang satu unit selo bertanda batchingplan  dari badan usaha ini telah siap memproduksi readymix yang siap untuk di jual,namun sangat disayangkanpula sejauh ini BUMD PT.Pembangunan Dumai ini  belum bisa mengarap secara maksimal potensi usaha.syogyanyapula ternyata pada tahun 2016 yang lalu khususnya pada sektor usaha di bidang readymix BUMD.PT.Pembanguan dumai belum diwajibkan untuk memberikan setoran PAD,Direktur BUMD PT.Pembanguan Bennedi Boeimin menjelaskan.

“Uang pernyataan Modal tersebut telah kita pergunakan semua Rp22 Miliar Untuk pembangunan Batching plan sedangkan Rp6 miliar lagi untuk modal kerja seperti pembelian bahan sperti kerikil,pasir,semen dan yang lainya,”Ujar Boenaidi.

Selain itu juga terkait PAD Direktur BUMD PT.Pembangunan Dumai menjelaskan Bahwa pada tahun 2016 yang lalu mereka (BUMD PT.Pembangunan Duamai)belum di beri target Untuk PAD,belum wajib setor,namun pada tahun 2017 ini Pemerintah kota dumai mengajukan target Dari Badan usaha tersebut sebesar Rp 5 miliar.

“Pada tahun 2016 belum diwajibkan untuk setor lalu kita tidak ada ditargetkan untuk PAD namun setelah batchingplan berdiri untuk tahun 2017 kita di targetlan sebesar Rp 5 miliar oleh Pemko Dumai,”jelas Direktur BUMD.PT.Pembangunan Dumai.

Sebagaimana yang kita ketahui,Salah satu aspek penting dari otonomi daerah adalah otonomi dalam hal pembiayaan penyelenggaraan kegiatan pemerintah dan pembangunan di daerah dimungkin dan harus kreatif dalam menciptakan pendanaan sendiri [auto money] agar mampu menjalankan aktivitasnya secara efektif dan efesien. Kegiatan ini sebenarnya terletak ditangan Badan Usaha Milik Daerah [BUMD] adalah sebuah institusi yang menyimpan potensi besar dalam penggalangan dana bagi pemerintah. Paradigma inilah yang kemudian diterjemahkan oleh Pemerintah Daerah sebagai usaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah [PAD].

Kuatnya peranan faktor ini merupakan salah satu dari konsep didirikannya Badan Usaha Milik Daerah dalam mendukung penggalian potensi-potensi yang dimiliki daerah untuk dikembangkan menjadi sumber Pendapatan Asli Daeah [PAD].

Menyikapi persoalan tersebut, maka kehadiran BUMD secara tegas dan jelas dapat dikatakan indikator Pemerintah Daerah sebagai alat yang mempunyai potensi besar secara langsung untuk dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah dan menjadi partner Pemerintah.

Dalam upaya memberdayakan BUMD maka Pemerintah daerah dan pihak manajemen harus meredefinisi kembali peran BUMD sebagai korporasi yang mampu mencetak laba, mendukung peningkatan pendapatan daerah, dan menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi wilayah. Pada akhirnya sejauhmana BUMD berhasil mengemban misi peningkatan PAD bagi suatu daerah, tergantung pada political pemerintah daerah untuk konsekuen dan konsisten mendesentralisasikan manajemen BUMD kepada para profesional yang bersedia untuk itu. Bagaimanapun BUMD jika berhasil dikelola dan dikembangkan akan menjadi salah satu andalan bagi pemasukan PAD suatu daerah. Kiat-kiat yang mungkin dipertimbangkan oleh BUMD, dengan menggunakan pendekatan SDM sebagai keunggulan kompetitif, terutama kaitannya dengan peran BUMD dalam penggalian pendapatan asli daerah, antara lain, menyehatkan dan Pengembangkan BUMD dengan melakukan berbagai perubahan.

Sejauh ini pula Khususnya BUMD PT.Pembanguan Dumai belum mampu Mendongkrak PAD,Bahkan BUMD PT.Pembangunan dumai Belum Mengasilakan PAD.(CKN)

Penulis : Khairul iwan

Editor : CKN

Sumber : berbagai sumber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.