oleh

BNPB Tinjau Lokasi Karhutla Dumai

IMG20160308132355_edit
BNPB Tinjau Karhutla Dumai 08/03/16

Dumai – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei kunjungi lokasi kebakaran lahan di Kota Dumai dan Bengkalis.

Kepada wartawan Di bandara pinang Kampai Dumai Willem berjanji akan mengerahkan bantuan pinjaman helikopter untuk waterboombing dan Tekhnik Modifikasi Cuaca (TMC).

“Penetapan Status Siaga Darurat oleh Riau maka Pemerintah Pusat melalui BNPB memiliki dasar hukum untuk memberi bantuan kapasitas yang tidak dimiliki oleh daerah,” ujar Willem.

Menurut Willem, TMC harus dilakukan di wilayah Riau bagian pesisir karena minimnya curah hujan.

Ia mengatakan saat ini di Riau sudah ada 3 helikopter yang siaga dan bisa digunakan untuk patroli dan water booming. “Tiga helikopter ini memang masih kurang tapi BNPB menyiapkan heli apabila diperlukan setiap saat bisa dioperasikan,” ujarnya lagi.

Sementara itu untuk saat ini pihaknya memang belum menambah personil untuk memadamkan karlahut di Riau karena aset dan personil di Riau dinilai masih cukup. “Apabila kapasitas daerah tidak cukup baru akan diback up oleh pusat termasuk dari TNI dan Polri,” ujar Willem Rampangilei.

Turut mendampingi Willem dalam kunjungan ke lapangan antara lain Pangdam/ I Bukit Barisan, Plt Gubernur Riau, Danrem, Kapolda Riau, BPBD Riau, Kepala Badam Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Dandim dan sejumlah instansi terkait,Kedatangan sejumlah petinggi ini dalam Pemantauan areal karlahut tersebut disambut Wakil walikota dumai Eko Suharjo kedatangan rombongan menggunakan tiga helikopter.(a1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.