Berita Terbaru Politik

Bawaslu Dumai, Kumpulkan Ketua RT se Kota Dumai,Ternyata Ini Tujuanya

celahkotaNEWS.com || DUMAI– Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kota Dumai, me‎ngundang seluruh Ketua Rukun tetangga (RT) Se kota Dumai, di The Zuri Hotel Dumai, pada Selasa (17/12/2019).

Ketua RT tersebut diundang oleh Bawaslu, untuk membangun peranan partisipatif masyarakat dalam mengawasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai 2020 mendatang.

Untuk membangun Partisipatif masyarakat tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawalu) Kota Dumai menggelar sosialisasi pengawasan pertisipatif, bagi Seluruh Ketua RT Se Dumai.

Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan mengatakan kegiatan ini diberikan kepada para Ketua RT se Kota Dumai, bertujuan untuk secara bersama mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi dalam perhelatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai 2020 mendatang.

“Dalam pemilihan itu nanti jajaran Ketua RT diharapkan berperan aktif dalam pengawasan seluruh tahap pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai 2020 nanti,” katanya.

Dalam sosialisasi ini, tambah Zulfan, ada sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber sosialisasi yaitu Satuan Binmas Polres Dumai dalam memberikan materi terkait tugas pokok dan fungsi RT dalam pengawasan pemilihan nantinya.

Meski demikian, Ia berharap dengan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai 2020 ini bisa memberikan pengetahuan, mulai dari tugas pokok hingga fungsi mereka dalam pengawasan pesta demokrasi nantinya.

“Kita berharap dengan adanya peran serta ketua RT dan masyaraat pada pemilu 2020, pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai berlangsung dengan sehat serta menghasilkan pemimpin Kota Dumai yang sehat nantinya,” harapnya

Zulfan juga sangat mengharapkan, setelah dilakukannya sosialisasi masyarakat bisa mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran pelaksanaan Pilkada Dumai 2020.

Lebihlanjut diterangkannya, pada Sosialisasi ini, juga dilakukan MoU antara Bawaslu Kota Dumai dengan RT Se Dumai, dimana isi dari MoU tersebut yakni, Siap Mengawasi proses penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan wakil Wali kota Dumai 2020.

Kemudian, Siap melaporkan segala bentuk pelanggaran dalam proses Pemilihan Walikota dan wakil Wali kota Dumai 2020.

Selanjutnya, menolak ajakan politik identitas yang berorientasi pada isu sara Ujaran kebencian dan adudomba yang berpotensi pemecahbelah kerukunan masyarakat.

Siap berpartisipasi demi terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggara pemilihan yang Aman, damai, tertib dan lancar.

‎Mendukung terselenggaranya pilkada secara langsung, umum, rahasia, jujur, adil dan berkualitas, serta dilaksanakannya peraturan perundang undanga mengenai secara menyeluruh.

“Kita berharap dengan adanya MoU ini, maka Pilkada Dumai bisa berlangsung dengan aman dan Damai,” pungkasnya.(ckn)

Foto : dok.ckn

Related posts

Mau Tahu 5 Posisi Tidur Ini Ungkap Kepribadian Anda yang Sebenarnya

Celahkotanews

Ini Cara Mudah Mempertajam Daya Ingat,Usia Bertambah Daya Ingat Berkurang

Celahkotanews

Tiba di Bengkalis, Menteri Keuangan Disambut Upacara Adat Melayu

Celahkotanews

Leave a Comment