Berita Terbaru Ekonomi

Batik Dumai Mulai Menggeliat Bakal Menjadi Potensi Ekonomi

2016-11-14_14-11-56
Pengrajin Batik Kota Dumai

Celahkotanews.com || Dumai – Kerajinan Batik di Dumai memang cukup langka. Di Kota Industri hanya ada satu tempat kerajinan membatik di Balai Latihan Kerja Disperindag Kota Dumai Jalan Turi  di Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat. Potensi Batik di Dumai memang cukup besar. Itupun jika dikembangkan secara serius oleh pemerintah.

Adi (29) salah satu pengrajin batik tampak cukup luwes menyunting kain yang akan dibatik. Warga Jalan Jaya Mukti ini mengaku sudah beberapa bulan belajar membatik. Untuk mendapatkan ilmu membatik itu, pria murah senyum ini mengatakan mendapatkan ilmu di Solo selama satu bulan.

“Memang awalnya cukup sulit, tapi jika sudah terbiasa, sudah mudah,”sebutnya.

Adi menceritakan proses pembuatan satu helai kain batik tidaklah mudah, banyak proses yang harus dilakukan mulai dari membuat pola, kemudian menyunting dan mencelup kain dan mengeringkan.”Jadi kalau awal-awal satu helai batik bisa selesai empat hari, tapi kalau sekarang paling dua hari,”terangnya.

Diceritakan Adi, ada dua jenis batik yakni batik cap dan batik tulis.”paling sulit itu batik tulis,”sebutnya.

Ditambahkannya, untuk batik cap sehelai dijual seharga Rp150.000,  sedangkan untuk batik tulis dijual seharga Rp250.000.”Sebenarnya kalau melihat petonsi cukup besar,”terangnya.

Saat ini, Adi bersama satu temannya yang juga pengrajin batik tengah merancang motif batik khusus Dumai.”Kemarin ada usulan kalau batik Dumai mengambil dari sisi industri, lancang kuning dan putri tujuh, karena tiga itu menjadi ikon di Dumai,”tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Balai Latihan Kerja Disperindag Kota Dumai, Amdevi mengatakan bahwa batik memang punya potensi besar dan nantinya pengrajin yang dilatih tersebut akan menularkan ilmunya ke masyarakat yang lain dan pelajar agar membatik bisa berkembang.”Kami optimis ini bisa jadi potensi dan bisa menjadi souvenir khas Dumai,”terangnya.

Sedangkan Walikota Dumai Zulkifli As mengatakan pihaknya akan mendukung penuh pengembang membatik di Dumai,karena memiliki potensi besar.(CKN)

Editor : CKN

Penulis : Wan Bolki

Related posts

Bappeda Dumai Gelar Komunikasi Program Kota Tanpa Kumuh

Celahkotanews

Kelurahan JM Wakili Dumai dalam Lomba BBGRM Tingkat Provinsi

Celahkotanews

Ini Faktor Risiko yang Bisa Membuat Orang Terkena Diabetes

Celahkotanews

Leave a Comment