Berita Terbaru Lingkungan

Bappeda Dumai Gelar Komunikasi Program Kota Tanpa Kumuh

2016-11-09_16-58-58

Celahkotanews.com || Dumai – Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai mengelar kegiatan lokakarya sosialisasi dan strategi yang merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang program kota tanpa kumuh di Kota Dumai.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan masing – masing SKPD terkait dilingkungan Pemko Dumai, Lurah, dan BKM se Kota Dumai dibuka secara resmi oleh Asisten III Kota Dumai H. Mustafa Kadir, Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai, Rabu (9/11).

Kepala Bappeda Kota Dumai H. Marjoko Santoso, SKM mengatakan, bahwa kegiatan itu digelar mengacu kepada amanat Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019. Selain itu, sesuai dengan amanat Undang-Undang dasar 1945.

Menurut Marjoko, progran Kotaku merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan terus dilakukan. Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai berkomitmen melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh secara tuntas.

“Upaya pemerintah Kota Dumai melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau. Dan Pemerintah Kota Dumai telah menargetkan pada tahun 2019, Dumai menjadi kota nol persen tanpa kumuh,”sebutnya.

Sementara Asisten III, H. Mustafa Kadir mengatakan bahwa target 100-0-100 dan penanganan kawasan kota kumuh ini harus tuntas pada tahun 2019. Oleh karena itu semua pihak yang ada dilingkungan Kota Dumai harus bersedia untuk bekerja sama menata kualitas kawasan permukiman agar lebih baik.

“Dalam mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan serta pencapaian target 100-0-100 sangat ditentukan oleh kontribusi dan peranserta antara Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Stakeholders terkait lainnya,”ujarnya.

Mustafa Kadir berharap, Lokakarya yang digelar itu akan menghasilkan berbagai strategi penanganan kawasan kumuh di Kota Dumai. “Kontribusi semua peserta yang hadir dalam lokakarya ini sangat diharapkan untuk aktif dalam rangka penanganan masalah yang ada di Kota Dumai,”pintanya.

Pembukaan Lokakarya tersebut, dihadiri Kepala Bappeda Kota Dumai H. Marjoko Santoso, SKM, Wakil Ketua DPRD Dumai H. Zainal Abidin SH. MH, Ketua Koordinator Kotaku Kota-Riau Heri Ruswanta SP, dan sejumlah undangan lainnya.(Ckn)

Related posts

Keluarga Korban Keberatan Atas Tuntutan Terdakwa Duel Maut Pelajar Dumai

Celahkotanews

Siaga Darurat Asap Riau,Pangdam Bukit Barisan Kerahkan 1500 Personel Satgas Gabungan

Celahkotanews

Khasiat Serai Bagi Kesehatan

Celahkotanews

Leave a Comment