Berita Terbaru pemerintahan

Bansos Atau Hibah Menjadi Pusat Perhatian

2016-09-19-22-19-55-849247338
Said Mustafa : Sekretaris Daerah Kota Dumai

Celahkotanew.com || Dumai – Pemerintah Kota Dumai melaksanakan kegiatan sosialisasi hibah dan bantuan sosial dengan mendatangkan nara sumber dari kementerian dalam negeri (kemendagri) dalam rangka membantu satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kota Dumai untuk meningkatkan profesionalisme dan memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang regulasi dengan semua penyesiaan dan perubahannya serta tata laksana pengelolahan belanja bantuan sosial dan hibah.

Pemerintah Kota Dumai yang diwakili sekretaris daerah (Sekda) secara resmi membukan kegitan tersebut,hadir pula dalam kesempatan itu seluruh kepala SKPD, Camat,dan lurah sekota dumai ,ketua koni,BNK,LAMR serta tamu undangan lainya.

Dalam rangka mencapai cita – cita bangsa seperti tertuang dalam Pembukaan Undang-undang 1945 alinea ke4, diperlukan pembangunan yang berkelanjutan dan tepat sasaran.untuk mewujudkan hal tersebut,maka diperlukan perencanaan yang baik dan matang serta berkesinambungan.dengan itu maka disususnlah APBN /APBD guna merencanakan segala bentuk kegiatan yang akan dilaksakan oleh Pemerintah.

Selain itu pula salah satu klasifikasi jenis belanja disebutkan antara lain belaja bantuan sosial dan belanja bantuan hibah.

Pemerintah kota dumai Melalui menteri dalam negeri kembali mengeluarkan peraturan menteri dalam negeri nomer 14 tahun 2016 yang merupakan perubahan kedua atas permendagri nomer 32 tahu 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang berseumberkan dari APBD.

Dalam peraturan menteri tersebut diantaranya mengatur bahwa daerah diperbolehkan memberikan bantuan sosial dan hibah kepada anggota /kelompok masyarakat sesuai kemampuan keuangan daerah,setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dengan memperhatikan asas keadilan,kepatutan,rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.

“dalam kegiatanya dengan sosialisasi ini, Saya( Pemko Dumai) menyambut baik serta mendukung pelaksaan kegiatan sebagaimana yang direncanakan,Melalui sosialisasi permendagri nomer 14 tahun 2016 ini di harapkan peserta memahami dan dapat mengetahui update terbaru dari peraturan Hibah/bansos,”ujar sekda 12/10.

Selain itu juga Pemerintah Kota Dumai mengharapakan dengan kegiatan yang berlasung selama dua hari tersebut dapat meningkatkan pemehaman.

“Seluruh Kepala SKPD ,camat,lurah dan badan/organisasi pemangku kepentingan Hibah/bansos di tekankan bahwa persolan Hibah /bansos ini hampir selalu menjadi pusat sorotan dan titik Fokus pemeriksaan,oleh karenaya saya berharapkan perhatian ekstra kita semua,tingkatkan kepedulian terhdap HIbah/bansos ini.”Ujar Sekda dalam sambutanya.

Sebagai mana yang kita ketahui bahwa Bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/barang dari pemerintah daerah kepada individu,keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selekti yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinant erjadinya resiko sosial.(Ckn)

 

Editor :ilwandi afrinando

Penulis : Khairul iwan

Related posts

Akhirnya Ranperda RTRW Provinsi Riau tahun 2017 – 2037 disetujui

Celahkotanews

Satu JCH Inhil Wafat di Madinah

Celahkotanews

Dua Petani Dumai Disambar Petir

Celahkotanews

Leave a Comment