Ekonomi

Bangkitkan Sumber Ekonomi Buruh Kuala sungai Dumai

celahkCelahkotanews – Dumai – Kuala sungai Dumai, sudah tidak asing lagi dimata kita. Ribuan pasang mata melihat dengan aktifitas buruh bongkar muat di pelabuhan rakyat ini.

Kapal –kapal sembako yang bersandar seolah-oleh memberikan tepuk tangan yang gembira bagi buruh, namun hal sebaliknya sudahkah kita mengerti  tentang apa yang terjadi sebenarnya?. Jika kita berbicara tentang buruh, banyak orang memandang sebelah mata, namun aktifitas buruh-buruh ini adalah salah satu penopang sumber ekonomi masyarakat dengan segala macam aktifitasnya.

Dengan banyaknya buruh–buruh yang beraktifitas perlu di perhatikan kesejahtraannya. Ketua Serikat Buruh Kota Dumai, Saiful Azhar menjelaskan, bahwa pada tahun 2015 secara keseluruhan untuk pendapatan buruh di Kota Dumai naik, meskipun volume kerja dan aktifitas di kuala Sungai Dumai ini tidak seperti dulu.

“secara keseluruhan untuk pendapatan buruh di Kota Dumai naik, meskipun volume kerja dan aktifitas di kuala Sungai Dumai ini tidak seperti dulu.”

Kemudian ditambahkan Saiful, peranan buruh di Kota Dumai sangat besar sekali khusunya di pelabuhan kuala Sungai Dumai ini sebab para buruh ini memberikan kontribusi serta mempengaruhi perekonomian di Kota Dumai.

“peranan buruh di Kota Dumai sangat besar sekali khusunya di pelabuhan kuala Sungai Dumai ini sebab para buruh ini memberikan kontribusi serta mempengaruhi perekonomian di Kota Dumai”, tambahnya.

Dengan banyaknya pekerjaan di pelabuhan itu berimbas kepada daya beli masyrakat, namun setakad ini daya beli di pasar –pasar yang ada di Kota Dumai jauh berkurang. Hal ini disebabkan volume aktifitas bongkar muat buruh di kuala Sungai Dumai sudah jauh berkurang.

Sistem pengupahan buruh bongkar muat  yang ada di kuala sungai Dumai baik di Pelabuhan Pelindo maupun di pelabuhan lainnya tetap berkoordinasi dengan Sarikat Buruh Kota Dumai.

Kuala Sungai Dumai pada dasarnya sangat menjanjikan. Aktifitas bongkar muat dengan disandarkannya kapal – kapal berbadan besar yang terbuat dari kayu seklias membuat indah untuk dilihat. Hal senada juga dengan berjalannya aktifitas buruh ini membuat kuala Sungai Dumai menjadi ramai, dengan berbagi bentuk ragam aktifitas di sini. (One)

Related posts

Membangun Dumai, 19 Perusahan Insvestor Tunggu RTRW Untuk Berinvestasi

Celahkotanews

Komisi I DPRD Kota Dumai Pertanyakan Rekrutmen Tenaga Kerja,Dan Proses Lelang Dermaga D Pelindo I Dumai

Celahkotanews

Pusat akan Ambil Pengelolaan Terminal Dumai, Rp17 Miliar Terancam Hilang

Celahkotanews

Leave a Comment