Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan

Asap Kebakaran Hutan di Riau Sampai ke Malaysia

ilustrasi
ilustrasi

CELAHKOTANEWS.COM||JAKARTA – Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau menyebar hingga ke negeri tetangga Malaysia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di wilayah Riau.

Kepala Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam akunnya di twitter menyatakan bahwa sebaran asap hingga ke Malaysia terjadi hari ini disebabkan embusan angin. “Sebaran asap dari Riau sampai ke Malaysia, 27/8/2016, 13.00 WIB. Angin ke timur. Pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan,” tulis dia, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, asap tebal berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Asap tersebut terbawa angin ke arah timur.

Sementara asap tipis juga masih menutupi wilayah di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Rohil, Riau. Pembakaran lahan di wilayah tersebut sengaja dilakukan untuk diolah menjadi kebun. Akibatnya, dia mengaku bahwa pembakaran hutan dan lahan oleh petani sulit dicegah.

Apalagi, Sutopo menambahkan, petani tidak bisa menghentikan kebiasaan mereka untuk membakar rumput di wilayah pemukiman. “Petani pun masih terus membakar rumput/alang-alang di pemukiman, tambahlah asapnya,” katanya.(ck1)

Related posts

Kenaikan UMK 2018 Masih Dalam Pembahasan

Celahkotanews

Tak Berizin Gerai Minimarket Terancam diTutup

Celahkotanews

Rangsang Perekonomian Masyarakat, Pemko Harapkan Tol Pekanbaru-Dumai Segera Dibangun

Celahkotanews

Leave a Comment