Berita Terbaru Hukrim

Annas Maamun Divonis 6 Tahun Penjara,Terkait Kasus Alih Pungsi Lahan

spiritriau_Suap-Alih-Fungsi-Lahan--Annas-Maamun-Divonis-6-Tahun-Penjara

 

BANDUNG,Celahkotanews.Com| Gubernur Riau yang diberhentikan sementara Annas Maamun dinyatakan bersalah dalam perkara suap alih fungsi lahan. Atas perbuatannya tersebut Majelis Hakim Tipikor Pengadilan Negeri Bandung menjatuhi hukuman penjara selama 6 tahun.

Vonis tersebut dibacakan dalam sidang terakhir di PN Bandung, Rabu (24/6/15). Majelis Hakim yang menjatuhi hukuman adalah Baria Lumban Gaol selaku Ketua Mejalis Hakim. Kemudian dua hakim anggota adalah Marudut Bakara dan Basari Budhi.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun dengan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan karena telah terbukti secara sah dan menyakinkan,” kata Ketua Majelis Hakim Barita Lumban Gaol.

Barita Lumbah Gaol mengatakan, Annas Maamun telah terbukti melanggar Pasal 12 hurup b dan Pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001.

“Unsur menerima hadiah sudah terpenuhi oleh terdakwa, sehingga kalau salah satu unsur telah terpenuhi maka yang lain tidak perlu dibuktikan,” kata hakim anggota.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dari pakta- pakta hukum terjadinya tindak pidana korupsi, hingga tangkap tangan oleh KPK serta keterangan saksi-saksi yang sudah bersaksi di persidangan. ” Terbukti telah terjadi tindak pidana korupsi,” lanjutnya.

Sebelumnya, Jaksa KPK menuntut Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 250 juta dengan subsider 5 bulan kurungan. Jaksa menilai terdakwa secara sah melanggar pasal 12 huruf b dan a serta pasal 11 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 KUHP.

Dalam sidang tersebut, hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan di mana terdakwa tidak peka program pemerintah tentang pemberantasan korupsi. Terdakwa juga tidak memberi contoh yang baik, padahal dia seorang pejabat. Adapun yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, sopan dalam persidangan dan sudah usia lanjut.(ckn)

Related posts

Indahnya Pulau Bintan di Kepulauan Riau

Celahkotanews

Diduga Ketahuan Berhubungan Intim Dikamar Mandi Buruh Bangunan Dipolisikan

Celahkotanews

Dumai Miliki Potensi Perikanan Yang Besar

Celahkotanews

Leave a Comment