oleh

6 Pertanyaan Langganan Saat Wawancara Kerja

pertanyaan-wawancara-kerja
Agar Anda lolos seleksi!

 

Menghadapi wawancara kerja memang bikin was-was. Salah menjawab risikonya pekerjaan impian terlepas dari genggaman Anda. Biasanya, sih, ada beberapa pertanyaan yang selalu diajukan oleh interviewer, karena dari pertanyaan itulah dia menilai diri Anda. Berikut pertanyaannya.Apa yang membuat Anda pindah kerja?
Hal ini untuk mengecek apakah Anda termasuk karyawan yang berkomitmen pada pekerjaan atau nggak. Sebaiknya janganlah menjawab kalau Anda membutuhkan suasana baru, karena kesannya Anda menganggap pekerjaan sebelumnya sangat monoton. Lebih baik katakan ketertarikan Anda pada perusahaan dan posisi baru.

Mengapa kami harus menerima Anda?
Sebenarnya pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan tentang kelebihan Anda, namun Anda bisa menambahkan pengalaman dan prestasi yang pernah Anda raih sebelumnya. Sampaikan rencana dan target yang ingin Anda raih jika memperoleh posisi tersebut.

Ceritakan tentang diri Anda
Nggak perlu menceritakan seluruh pengalaman–termasuk pengalaman pribadi–namun ceritakan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan. Pewawancara sebenarnya penasaran dengan skill yang Anda miliki.

Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda
Jangan terjebak dengan pertanyaan ini, pasalnya kadang interviewer ‘kelepasan’ menceritakan seluruh kelemahan nya. Jika Anda mau menceritakan kelemahan sertakan dengan solusi, karena tujuan pewawancara menanyakan hal ini adalah untuk mengetahui Anda bisa memecahkan masalah atau nggak.

Apa yang ingin Anda raih dalam lima tahun lagi?
Jika Anda melamar untuk posisi senior sudah pasti pertanyaan ini akan diajukan. Soalnya posisi Anda nggak hanya berpengaruh pada diri sendiri tapi juga bawahan Anda nantinya. Pastikan Anda sudah memiliki rencana kerja dan target yang ingin diraih.

Apakah ada pertanyaan?
Jangan menjawab tidak ada karena artinya Anda meremehkan pekerjaan tersebut. Untuk itu sebelum mulai wawancara pastikan Anda sudah membuat daftar pertanyaan, misalnya sistem kerja di kantor tersebut. (cc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar