Gaya Hidup dan Kesehatan

6 Cara Mengatasi Insomnia

cara-mengatasi-insomniacelahkotanews – Usia 25 ke atas rentan mengalami sulit tidur atau insomnia. Jika Anda sering mengalami mungkin terasa biasa, padahal insomnia dapat merusak kesehatan tubuh, bahkan menaikkan risiko terkena stroke. Bahaya, kan? Sebelum terlanjur intip tip berikut untuk mengatasi insomnia.

Jauhi gadget
Hindari bermain gadget sebelum tidur. Kebiasaan mengecek ponsel atau melihat laptop sebelum tidur sangat nggak baik, karena cahaya yang terpancar dari layar gadget cenderung membuat mata kita lebih melek, detak jantung semakin meningkat dan otak menjadi aktif sehingga kita jadi tidak mengantuk. Jika belum mengantuk sebaiknya matikan lampu kamar dan gunakan penutup mata.

Atur posisi
Carilah posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur yang nyaman sangat memengaruhi kualitas tidur kita. usahakan bagian leher tidak terganjal, dan taruh bantal di bawah kaki bagian betis untuk memperlancar peredaran darah.

Hindari kafein dan rokok
Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, apalagi sebelum tidur. Kafein dapat memberikan dorongan energi sehingga dapat membuat kita terjaga lebih lama. Demikian juga dengan rokok dan alkohol.

Olahraga teratur
Menurut penelitian olahraga teratur dapat mengatasi masalah sulit tidur. Lakukan olahraga di pagi hari untuk mendapatkan hasil efektif. Hindari berolahraga sebelum tidur sebab endorfin yang dilepaskan saat olahraga dapat meningkatkan energy. Maksimal waktu olahraga 3 – 4 jam sebelum waktu tidur.

Bersihkan kamar
Cobalah membuat suasana kamar lebih nyaman. Biasanya kebersihan kamar sangat memengaruhi kenyamanan tidur Anda. Ganti seprai seminggu sekali, dilarang membawa makanan ke kamar, sapu lantai kamar setiap hari, dan pasang pengharum ruangan mungkin akan membantu Anda tidur lebih mudah.

Potasium dan Magnesium
Konsumsi makanan yang mengandung potassium dan magnesium seperti pisang dan kacang almond. Menurut penelitian, dua zat tersebut dapat membuat tidur lebih nyenyak dan cepat.

Berendam air hangat
Salah satu penyebab insomnia adalah stress dan ketegangan otot. Berendam air hangat selama 30 menit sebelum tidur dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan melancarkan peredaran darah sehingga usai berendam tubuh menjadi lebih rileks dan cepat mengantuk. (CC)

Related posts

JANGAN SESALI HIDUPMU

Celahkotanews

Makanan Ini Bisa Bikin Bokong Lebih Besar

Celahkotanews

Sisi Positif dan Negatif Minum Air Lemon Tiap Pagi

Celahkotanews

Leave a Comment