Berita Terbaru Ekonomi

50 Ribu Ton, Beras Impor Vietnam dan Thailand Masuk Melalui Pelabuhan Dumai

th(7)
Foto: Ilustrasi

Celahkotanews.com || DUMAI – Kota dumai Merupakan salah satu Kota yang berada di kawasan Pesisir di Provinsi Riau hal ini pula yang membuat dumai sebagai salah satu Kota dengan tujuan Barang – Barang infor termasuk Beras dari dan Menuju ke kota Dumai Melalui Pintu Pintu pelabuhan Kota dumai ini.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Dumai Riau, Titov Agus Sabelia menyebutkan bahwa pelabuhan setempat akan menjadi pintu masuk kebijakan impor beras pemerintah sebanyak 50 ribu ton dari Vietnam dan Thailand.

Dalam waktu dekat ini, Bulog tengah bersiap menerima pengiriman sekitar 20 ribuan ton beras impor dan kini masih tahap proses dengan memanfaatkan jalur perairan dan alat transportasi kapal, kata Titov Agus Sabelia, di Dumai, Jumat.

“Beras impor yang akan dimasukkan lewat Dumai hingga 31 Maret 2016 mendatang sebanyak 50 ribu ton dan untuk tahap awal akan dikirim 20 ribu ton melalui pelabuhan Dumai,” katanya.

Titov Agus Sabelia menyebutkan, kebijakan impor beras oleh pemerintah ini selain untuk memperkuat cadangan beras pemerintah, juga sebagai kesiapan pengendalian harga jika terjadi gejolak.

Pengiriman beras impor yang dilakukan secara bertahap ini, lanjut dia, akan menggunakan jasa kontainer peti kemas karena dianggap lebih menguntungkan dan menjaga kualitas beras. Agar pelaksanaan impor beras ini berjalan lancar, pihak Bulog telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk pengurusan dokumen administrasi barang dan alat angkutan.

Titov Agus Sabelia juga memastikan kondisi stok beras yang tersimpan di gudang masih aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dengan persediaan mencapai 10 ribu ton. Kebijakan impor beras terakhir kali masuk ke Dumai pada Oktober 2014 silam sebanyak 7.800 ton dari negara Thailand melalui jalur laut.

Pemerintah memutuskan untuk kembali mengimpor beras Thailand dan Vietnam karena kuatir musim kemarau panjang akibat Elnino yang melanda Indonesia membuat stok beras habis.(one*1)

Related posts

Kontraktor lari Puluhan Pekerja Terminal Penumpang Dumai Demo

Celahkotanews

Join Dumai Hadiri Rakernas Pertama Dibangka Belitung

Celahkotanews

BPJS Ketenagakerjaan Dumai Keluarkan Santunan 129 Juta

Celahkotanews

Leave a Comment