Berita Terbaru Politik

4 BUMD Milik Pemprov Riau Segera Ditutup, Ini Alasannya

PesawatCELAHKOTANEWS.COM, PEKANBARU – Dinilai selalu merugi, tidak menjalankan bisnis sesuai dengan core bisnis, serta tak mampu berkontribusi kepada daerah, akhirnya pemerintah provinsi Riau berencana untuk menutup lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kelima BUMD tersebut adalah Riau Airlines (RAL), Riau Petroleum, PT Riau Investment Corp (RIC), dan BPR Permodalan Ekonomi Rakyat (PER).

Dan salah satu BUMD yang paling parah adalah Riau Petroleum, sebuah perusahaan perminyakan. Bukan saja karena tidak mampu berkontribusi terhadap daerah, perusahaan ini justru jadi beban daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pemerintah sebagai pemegang saham dominan di BUMD tersebut berhak menutup perusahaan. Namun, untuk menutup perusahaan itu harus dipelajari secara komperehensif.

”Kita telah mendiskusikan kepada para pihak untuk menutup BUMD. Hal ini juga sudah dibahas di DPRD,” katanya, Senin (13/4/2015).

Sementara itu, Komisi C DPRD Riau telah melakukan rapat membahas masalah penutupan BUMD. Riau Petroleum yang dinilai telah membebani keuangan daerah.

”Riau Petroleum telah menghabiskan anggaran Rp7,5 miliiar tanpa ada kontribusi menyumbangkan PAD (pendapatan asli daerah) untuk Provinsi Riau,” kata Ketua Komisi C Aherson.

Selain Riau Petroleum, ada beberapa BUMD lagi yang bakal ditutup. Di antaranya, Riau Airlines (RAL), anak perusahaan PT Pengembangan Investasi Riau (PT PIR) yakni PT Riau Investment Corp. (RIC), dan BPR Permodalan Ekonomi Rakyat (PER).

RAL adalah maskapai penerbangan yang tidak beroperasi semenjak 2008. Bahkan, perusahaan ini mengunggak pajak sebesar Rp80 miliar di Ditjen Pajak. Belum lagi pesangon karyawan yang hingga kini belum dibayarkan.

Meski RAL disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan yang bisa menarik banyak investor. ”Kita semua tahu bagaimana kondisi RAL, lebih baik ditutup saja,” kata Aherson.

”Sementara perusahan yang lain tidak mampu memberikan kontribusi kepada Riau. Maka, kita juga merekomendasikan untuk ditutup,” tambahnya.(grc/wdy)

Related posts

Handphone Di Gadai Foto seksi Tersebar

Celahkotanews

Tokoh Masyarakat Jawa Amanahkan Zul As dan Eko Suharjo Memimpin Dumai

Celahkotanews

Manfaakan Aset ‘Tidur’ Pertamina RU II Dumai Bina Kelompok Tani Lansia Berbasis Pertanian Buah

Celahkotanews

Leave a Comment