oleh

366 CJH Rohil Ikut Bimbingan Manasik Haji

logolicious_20170706_142328
366 CJH Rohil Ikut Bimbingan Manasik Haji

Celahkotanews.com || Bagansiapiapi- Sebanyak 366 Calon Jemaah Haji (CJH) Rokan Hilir yang hadir dalam kegiatan bimbingan manasik haji di gedung serbaguna. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Bupati Rohil H Suyatno, Rabu (5/7/2017).Kemarin

Acara pembukaan manasik haji dihadiri oleh Kemenag Rohil, H Agustiar, Sag, nara sumber dari Pekan Baru, H Buya Hamka Riau, wakil ketua DPRD Abdul Kosim, Kabag Kesra, H M. Zen, para Staf Kemenag Rohil serta 366 peserta manasik haji.

Dalam kata sambutannya, Bupati Rokan Hilir menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya pada musim haji untuk mempersiapkan pembekalan ilmu kepada Jamaah Calon Haji (JCH) Rokan Hilir.

“Dengan adanya bimbingan manasik haji ini dapat lebih memperdalam ilmu manasik haji sehingga JCH dapat betul-betul menjalankan ibadah haji dengan sempurna tanpa ragu-ragu lagi,” kata Bupati Suyatno.

Lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Rohil dalam melayani JCH, pemkab Rohil akan memberikan pelayanan gratis dari mulai kegiatan manasik, baik keberangkatan maupun kepulangan haji dari embarkasi Batam nantinya. Jadi tidak ada dipungut biaya apapun dalam memberikan pelayanan, saya tidak mau dengar adanya pungutan-pungutan.

Diharapkannya, dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada JCH, supaya para JCH merasa nyaman dan tentram dalam melaksanakan ibadah haji.

Sementara, Kepala Kemenag Rokan Hilir, H Agustiar, S.Ag menyebutkan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji ini merupakan kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan haji dengan memberikan bimbingan kepada JCH berupa penyampaian materi yang berkaitan dengan kesehatan haji, ilmu manasik haji dan pelaksanaan praktek dilapangan yang dibimbing oleh tutor yang telah ditentukan.

“Dalam Kegiatan bimbingan manasik haji bagi JCH ini akan dilaksanakan selama 4 hari dan akan diberi materi tentang kesehatan haji, ilmu manasik haji dan praktek dilapangan. Jumlah JCH yang mengikuti manasik ini ada 366 orang,” Kata agustiar.

Selain masalah bimbingan manasik haji JCH, Agustiar juga menyampaikan tentang rencana keberangkatan JCH Rohil yang akan dilaksanakan melalui beberapa titik menuju embarkasih Batam.

“Rencana keberangkatan JCH Rohil sudah ditentukan dibeberapa titik sesuai dengan rayon yang sudah ditentukan oleh Pemerintah,” Jelas Agustiar.

Untuk titik keberangkatan Kecamatan Bangko, Palika, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan, titik keberangkatannya berada di Kecamatan Bangko. Kemudian untuk titik pemberangkatan Kecamatan Bangko Pusako, Rimba Melintang, Kubu dan Tanah Putih Tanjung Melawan, titik pemberangkatannya dilaksanakan di Kecamatan Bangko Pusako.

Sementara, untuk Kecamatan Tanah Putih, Rantau Kopar, Pujud dipusatkan pemberangkatannya di Kecamatan Tanah Putih. Kemudian untuk Bagan Senembah, Balai Jaya, Bagan Senembah Raya dipusatkan pemberangkatannya di Kecamatan Bagan Senembah. Selain itu untuk Kecamatan Simpangkan Kanan tersendiri.

“Kreteria untuk menentukan titik pemberangkatan JCH ditentukan oleh jumlah jamaah yang terbanyak dalam Kecamatan tersebut,” pungkasnya.(di)

Penulis : Ramli Idris

Editir : CKN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.