Berita Terbaru pemerintahan

20 Ribu Anak Sudah Kantongi KIA

logolicious_20170724_211908
Warga Dumai Saat Menunggu Antri Pengurusan KIA .di Disdukcapil Dumai

Celahkotanews || DUMAI-Sekitar 20 ribu anak di Kota Dumai sudah mengantongi Kartu Identitas  Anak (KIA). Jumlah tersebut akan terus bertambah, seiring dengan perkembangan jumlah   kelahiran anak.

Kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil, Suardi Ssy mengatakan, bayi dan anak- anak rata rata   kini sudah memiliki Kartu Identitas Anak  (KIA).

Kata dia , jumlah tersebut melebihi target yang diberikan oleh Pemerintah Pusat  yakni sekitar 5 Ribu  KIA.Apalagi Dumai  dipercaya menjadi pilot projek pelaksanaan KIA oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) sejak Desember 2016.

Menurut Suardi,  penerbitan KIA tersebut sesuai dengan kebijakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang  Kartu Identitas Anak.

Jika bayi baru lahir biasanya mendapatkan dua dokumen yakni KK dan akta kelahiran. Namun sejak Desember 2016, bertambah satu dokumen menjadi tiga dokumen, dengan  mendapatkan KIA.

KIA tersebut lanjut Suardi, diperuntukkan bagi anak berusia 0-17 tahun. Ada dua jenis  KIA yang diterbitkan yakni KIA  untuk usia 0-5 tahun dan 5-17  tahun. Fungsinya juga sama  seperti KTP pada orang dewasa.

Selain sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak, juga bisa dilakukan untuk berbagai jenis pelayanan publik seperti pendaftaran sekolah dan keperluan administrasi anak lainnya.

“Jadi dalam KIA itu tercantum identitas seperti nomor induk kependudukan, nama  lengkap, jenis kelamin, tempat, tanggal lahir, nomor kartu keluarga, nama kepala keluarga dan  nomor akta kelahiran,” jelasnya

Pencetakan KIA, tidak  perlu menunggu blangko dari Kementerian Dalam Negeri, dan bisa langsung dicetak atau diproses langsung Disdukcapil.

Olehkarena itu dengan  kucuran blangko sekitar 49 ribu dari pemerintah pusat sekarang sudah ada sekitar 20 ribu blangko yang terpakai.Upaya peningkatan  menggantongi KIA,Disdukcapil akan gencar sosialisasi dengan merangkul beberapa pihak seperti sekolah,RSUD dan Bidan agar setiap ada kelahiran langsung diurus Akte kelahiran yang seiring  dengan penerbitan KIA.(Pie)

Penulis : Pie

Editor : CKN

Related posts

Alami Kesulitan, Polisi Masih Buru Pemilik Sabu 5,1 Kg

Celahkotanews

Sudah Banyak Korban karena Jalan Rusak di Riau, Anggaran Perawatannya Malah Dikurangi Hingga 5 Kali Lipat

Celahkotanews

Seorang Pemuda di Sungai Apit, Siak Dibunuh dan Dimutilasi

Celahkotanews

Leave a Comment