Berita Terbaru Ekonomi

Dumai Masih Defisit Beras,Walikota Serahkan Alat Panen Padi Pada Kelompok Tani

logolicious_20170802_132528
Dumai Masih Defisit Beras,Walikota Serahkan Alat Panen Padi Pada Kelompok Tani

Celahkotanews.com || Pemerintah Kota Dumai (Pemko ),melalui DKPP melaksakan kegiatan Panen dan penyerahan alat mesin panen padi kepada kelompok tani tunas harapan di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan pada Rabu pagi,(02/08/17)

Walikota Dumai didampingi Kepala Dinas DKKP secara simbolis menyerahkan peralatan panen padi kepada perwakilan kelompok tani,sejalan dengan hal tersebut Walikota Dumai juga melaksakan panen padi yang merupakan binaan Dari Dinas DKPP dan Kodim 0320 Dumai.

Dalam sambutan Walikota Dumai memberikan apresiasi kepada Dinas DKPP dan Kodim 0320 Dumai serta Kelompok tani yang telah mejalankan program Pertanian sehingga dapat melaksaakan panen dengan baik.

“Dengan tidak berlebihan saya (wako/red)menilai petani adalah juga termasuk pahlawan tanpa tanda jasa,karena berkat para petani semua,maka kita dapat makan dan tetap terus hidup untuk beribadah kepada allah.Swt.Dapat dibayangkan apa jadinya apabila para petani sudah tidak mau lagi melakukan cocok tanam,”Jelas Walikota Dumai.

Sebagai mana yang kita ketahui pagan merupakan suatu urusan yang bersifat strategis dan penting,dimana idealnya pemenuhan kebutuhan pangan seharusnya dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri,sehingga kondisi ketahanan pangan semakin mantap.

Kota Dumai merupaka suatu daerah yang termasuk perkotaan,walaupun sebagian wilayahnya secara faktual masih mencirikan seperti perdesaan,bukanlah merupakan daerah sentra tanaman pangan di Provinsi Riau.Sehingga Kota Dumai tidak termasuk menjadi sasaran utama program swa-sembada pangan baik di Provinsi Riau maupun di tingkat nasional.

Meskipun Kota Dumai tidak termasuk sasaran utama swa-sembada pangan Namun di kelurahan Tanjung penyembal Kecamatan Sungai Sembilan memiliki areal yang telah di tanami padi seluas lebih kurang 290 Ha. Yang mampu memghasilkan padi 4,8 Ton/Ha nya.

Selain itu juga untuk produksi padi di Kota Dumai pada tahun 2016 yang lalu sebanyak 6.128,1Ton GKp (Gabah Kering Panen) atau setara dengan 3.842,93 ton Beras.

Selain itu juga kebutuhan beras di Kota Dumai diperhitungkan sebesar 30.027 Ton/tahun,dengan demikian masih terjadi defisit yang sangat besar yakni sebesar 26.185.93Ton (85,32 % dari total kebutuhan )

Pemerintah Kota Dumai terus mengajak dan menyapaikan agar semua lapisan masyarakat untuk terus berkarya. (CKN)

Penulis : Khairul Iwan

Editor : CKN

 

 

 

Related posts

Ini Target Gerakan Satu Juta Tumbler

Ckn

Wakil Walikota Dumai Meredang Dengan Para Pungli

Celahkotanews

Artis cantik Di Siram Air Keras

Celahkotanews

Leave a Comment