Berita Terbaru pemerintahan

13 Kelurahan ‘ Zona ‘ Kawasan Kumuh “Dumai Target Kotaku”

logolicious_20170515_161721
13 Kelurahan ‘ Zona ‘ Kawasan Kumuh “Dumai Target Kotaku”

Celahkotanews.com || DUMAI || Dari 33 Kelurahan  tercatat 13 Kelurahan yang tersebar di 127 titik Wilayah Dumai masuk Zona Kawasan Kumuh.Sebagai langkah konkret tentu akan dilakukan pengurangan luasan kumuh melalui program kota tanpa kumuh (Kotaku).

 Kelurahan  itu diantaranya Kelurahan Dumai Kota ,Bintan ,Jaya Mukti, Ratusima, Sukajadi, Teluk Binjai, Pangkalan Sesai, STDI, Bumi Ayu dan beberapa Kelurahan lagi.  

Karena itu, Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Sosialiasi Program kotaku dalam rangka penyusunan dokument ( RP2KP- KP) Kota Dumai 2017 dihotel Comfort ,Senin (15/5).

Walikota Dumai Zulkifli as menyebut  kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mensukseskan program pemerintah pusat yang digagas oleh Kementerian  dengan pencapaian target 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Dengan program ini, begitu banyak peluang pembangunan yang bisa diambil oleh pemerintah daerah melalui kerjasama atau koordinasi dengan p2kp Kota Dumai untuk menuntaskan permasalahan kawasan permukiman kumuh di Kota Dumai

Menurutnya, sekarang sekitar 13 Kelurahan itu mengacu kebeberapa indikator seperti bangunan hunian yang tidak memilki keteraturan, kepadatan tidak sesuai ketentuan, bangunan tidak sesuai persyaratan teknis, kualitas permukaan jalan yang buruk, drainase tidak tersedia atau tersumbat, tidak mengakses air minum minimal, persampahan tidak terpelihara dan sebagainya.

Tahun depan Insyaallah giliran Kelurahan jaya mukti menjadi target Kotaku yangmana sebelumnya Kelurahan Laksamana dan Rimba Sekampung. “Jumlah kawasan kumuh bisa saja berkurang atau bertambah  seiring apakah adanya penataan kawasan.”Ujar Zulkifli AS

Karena itu  untuk mewujudkan Dumai masuk nominasi Kotaku tentu dibutuhkan dukungan semua pihak ,jangan hanya program ini dijadikan slogan saja tanpa makna dan tujuan.

Diperlukan keseriusan dari semua pihak ,kesempatan adanya program Kotaku  harus dimanfaatkan dengan maksimal mengingat anggaran daerah tidak memadai untuk menanggani semua permasalahan yang ada ,maka itu perencanaan harus matang.

Terakhir walikota mengajak semua pihak harus punya semangat dan etos kerja yang keras ,terpenting perencanaan harus komprehensif.

Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya tahun 2015 – 2019,Sasaran.

Program ini adalah tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0 Ha melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh seluas 38.431 Ha. Serta meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.(Infotorial)

Penulis : Pye

Editor : Ckn

Related posts

Kondisi Keuangan Sulit,Penganggaran Mobdin Rp 37 M Tidak Jadi 

Celahkotanews

Sedang Berkerja Karyawan Citytel Dumai Meninggal Dunia

Celahkotanews

Gubernur Terpental Saat Melakukan Penyembelihan Sapi Kurban

Celahkotanews

Leave a Comment